Cara Mengganti Password Wifi Indihome, Huawei, Tenda

cara mengganti password wifi indihome

Pernahkah kamu mengganti password wifi router yang ada dirumah kamu dalam satu bulan? atau sejak dipasang? Tampaknya banyak yang melupakan hal ini. Mengingat banyak orang juga masih belum mengetahui cara mengganti password wifi nya.

Jangan-jangan sejak kamu menggunakan wifi, kamu belum pernah mengganti password wifi nya :). Ya bukan masalah sih sebenarnya, cuma untuk jaga-jaga saja sih takut ada yang nakal menyalah gunakan.

Tapi tampaknya bukan karena tidak pernah mengganti password wifi saja sampai sekarang. Melainkan, karena banyak pelanggan yang tidak bertanya kepada petugas pemasang wifi terkait cara mengganti password wifinya.

Bahkan lebih buruknya lagi, para pelanggan tidak kepikiran sampai hal tersebut. Mungkin yang dipikirannya yang penting dia bisa menggunakan internet yang stabil bagi ketika dirumah.

Cara Mengganti Password Wifi

Jika kamu mempunyai masalah seperti yang telah diuraikan diatas. Maka kamu berada pada artikel yang tepat, karena kita akan membahas bagaimana cara mengganti password wifi pada berbagai macam router yang kamu gunakan.

Sehingga, meskipun kamu sudah terlanjur tidak menanyakan perihal masalah ini kepada petugas provider. Kamu akan tetap bisa mengganti passwordnya sendiri tanpa perlu ribet menghubungi layanan provider. Mari simak caranya berikut ini:

Cara mengganti password wifi Huawei

Jika router wifi kamu menggunakan modem huawei, seharusnya kamu akan dengan mudah dapat mengganti password wifi. Karena pada umumnya modem yang beredar di pasaran rata-rata menggunakan merk Cisco, ZTE atau Huawei.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah terhubung dengan wifi pada modem yang ingin dirubah passwordnya. Kemudian, buka browser dan akses IP modem, coba masukkan IP 192.168.1.254 atau 192.168.1.1 biasanya salah satu dari IP tersebut bisa diakses. Namun jika tidak bisa, kamu juga bisa mencoba IP 192.168.0.1

Jika berhasil masuk, kamu akan melihat halaman login ke modem wifi kamu. Untuk mengganti password wifi, kamu harus mengetahui username dan password modemnya. Jika tidak dilakukan perubahan ketika awal, maka kamu bisa login menggunakan username dan password default, yaitu admin dan admin.

Setelah berhasil login, maka kamu akan melihat berbagai macam menu untuk setting modem wifimu. Untuk merubah password wifi, kamu dapat masuk ke menu wireless atau wifi. Kemudian, cari lagi menu yang ada pilihan SSID dan masukkan password.

Pada menu SSID juga, kamu dapat mengisi kolom dengan nama wifi yang diinginkan (jika ingin merubah). Kemudian, kamu juga dapat memasukkan password wifi (jika ingin merubah).

Setelah mengisi nama wifi dan password, jangan lupa untuk klik apply atau save agar settingan baru sudah bisa diterapkan pada modemmu. Pada dasarnya, baik modem huawei atau ZTE, hampir sama settingannya, jadi kamu dapat menggunakan cara diatas.

Baca juga : Cara Verifikasi Google Bisnisku Tanpa PIN

Cara mengganti password wifi ZTE

Modem ZTE biasanya digunakan oleh provider telkom seperti layanan Indihome. Informasi seputar modem ZTE biasanya dapat kamu temukan di bawah modem tersebut.

Informasi yang tersedia mulai dari seri modem, tanggal pembuatan, macaddress, produk, model, SSID dan passwordnya, nama wifi dan password biasanya tertera dibawah kolom SSID.

Namun, dalam beberapa kasus, ada banyak yang lupa tentang password wifinya, sehingga tidak dapat terhubung ke wifi modem tersebut. Jika ini terjadi pada kamu, kamu dapat mereset modem dengan menikuti langkah berikut ini:

  • Cari tombol reset pada modem, biasanya terdapat dibelakang
  • Tekan tombol reset
  • Maka password akan ke reset ke default

Jika sudah, maka kamu sekarang dapat terhubung ke wifi di modem tersebut untuk mengganti password wifi. Simak langkah selanjutnya berikut ini:

  • Buka browser
  • Masukkan IP 192.168.1.1 atau sesuai IP yang tertera pada modem
  • Masukkan username dan password (defaultnya : username dan admin atau user dan user), lalu klik login
  • Cari menu network, lalu cari WLAN dan terakhir SSID settings
  • Masukkan nama wifi baru dan klik submit
  • Klik security dibagian kiri dan isi password sesuka hati kamu
  • Tekan submit untuk menyimpan dan selesai 🙂

Baca juga : Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku

Mengganti password wifi TP Link

Hampir sama dengan tipe modem sebelumnya, mengganti password wifi pada TP link juga hampir sama tahapannya. Pastikan kamu terhubung dengan wifi modem yang ingin diganti passwordnya terlebih dahulu.

Lalu, membuka browser dan mengakses IP modem di 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Jika tidak bisa dilakukan, kamu dapat mengecek pada modemnya, biasanya informasi IP, username dan password default ada tertera di bagian bawah modem.

Jika sudah, maka kamu akan diminta username dan password, silahkan masukkan sesuai informasi yang tersedia dibawah modem. Lalu, cari menu interface setup, pada menu tersebut terdapat banyak submenu. Silahkan kamu cari submenu wireless.

Cari kolom SSID pada submenu wireless, lalu masukkan username dan password jika kamu ingin menggantinya. Setelah itu, jangan lupa untuk klik save untuk menyimpan pengaturan barunya.

Selain dapat mengganti password wifi, kamu juga dapat mengganti username dan password untuk login setelah memasukkan IP address pada browser. Caranya adalah:

  • Masukkan ip lewat browser (sama seperti cara sebelumnya)
  • Masukkan username dan password default
  • Pilih menu maintenance, lalu ke menu administrator
  • Untuk merubah informasi login modem, cari kolom username, new password dan confirm password
  • Klik save, maka kamu berhasil merubah informasi login tersebut.

Baca juga : Optimasi Google My Business Agar Diserbu Pelanggan

Settingan modem MNC Play

Cara mengganti password wifi pada modem MNC Play bisa kamu lakukan di hp atau dilaptop, simak selengkapnya berikut ini:

  • Hubungkan perangkat kamu ke wifi modem tersebut
  • Buka aplikasi browser dan masukkan IP 192.168.100.1
  • Masukkan username dan password modem kamu, untuk defaultnya adalah admin dan admintelecom atau root dan telecomadmin
  • Cari menu WLAN dan masukkan password
  • Jangan lupa untuk menekan submit/save untuk menyimpan

Settingan modem First Media Cisco

Cara mengganti password wifi pada modem first media cisco juga bisa kamu lakukan di hp atau dilaptop, simak selengkapnya berikut ini:

  • Hubungkan hp/laptop kamu ke wifi
  • Buka browser dan masukkan IP 192.168.0.1
  • Cari menu setup di paling kanan, disana akan terdapat informasi lengkap tentang modem
  • Jika diminta username dan password di abaikan saja
  • Pilih submenu security pada bagian wireless (masih dalam menu setup)
  • Kamu dapat mengganti password wifi pada modem ini dengan mengisi password baru pada kolom WPA Pre-Shared Key
  • Tekan apply untuk menyimpan

Baca juga : Edit Listing Google Bisnisku – Tanpa Verifikasi

Cara mengganti password wifi Tenda

Panduan mengganti password wifi terakhir adalah pada router atau modem dengan merk tenda. Ada cukup banyak orang menggunakan modem ini, termasuk saya sendiri juga menggunakan modem ini untuk menjaga koneksi dirumah bagian belakang tetap stabil.

  • Pertama, kamu harus terhubung pada wifi modem tenda
  • Buka aplikasi browser pada hp/laptop kamu (bisa dilakukan disemua perangkat)
  • Masukkan IP modem tenda 192.168.0.1 pada address bar browser
  • Setelah itu kamu akan melihat halaman login
  • Masukkan username admin dan password aamin untuk login
  • Klik advanced untuk masuk ke settingan
  • Klik menu wireless dan pilih submenu wireless security
  • Untuk mengganti password wifi modem tenda kamu dapat mengisi kolom Security Key
  • Jika sudah jangan lupa untuk menekan ok untuk menyimpan

Baca juga : Cara Memulai Iklan Pertama di Facebook Ads

Manfaat Merubah Password Wifi Secara Rutin

Setelah mengetahui cara mengganti password wifi pada berbagai macam router, maka kita akan membahas manfaat dari kenapa kita harus mengganti password wifi secara rutin. Padahal kan malah menjadikan kita ribet harus forget password dan menghubungkan ulang wifi lagi jika ingin terhubung.

Sebenearnya bukan itu masalahnya, simak dulu deh manfaatnya berikut ini sebelum bilang ribet 🙂

Menjaga keamanan wifi

Manfaat pertama adalah menjaga keamanan wifi kamu, jika password wifi kamu tidak pernah diganti. Dan ada orang yang iseng merubah password wifi kamu, bisa jadi malah kamu tidak bisa menggunakan wifi lagi. Apalagi kamu yang tidak tahu menahu cara mengganti password wifi, maka bubarlah sudah 🙂

Fatalnya lagi, wifi kamu akan dikuasai orang lain kendalinya jika password modem kamu diganti, jadi sekarang ribet an yang mana? 🙂

Menjaga keamanan data pengguna

Jika ada yang iseng, malah bisa berakibat fatal, yaitu data kamu bocor dan bisa dilihat orang lain. Meskipun ini agak jarang, namun tidak salahnya kamu rutin merubah password wifi agar terhindar dari masalah keamanan ini.

Hemat bandwidth dan menjaga koneksi tetap stabil

Manfaat yang ketiga adalah menghemat bandwidth dan koneksi wifi kamu tetap stabil. Jika password wifi kamu tidak pernah diganti, bisa saja ada banyak tetangga atau teman yang bertamu kerumah kamu hanya untuk menggunakan wifi kamu, maka akan membuat bandwidth kamu terkuras.

Jika mereka menggunakan wifi kita pada porsinya tidak masalah. Namun, jika mereka menggunakan wifi kita untuk download atau upload data ber GB-GB, selain bandwidth, koneksi kita juga bakal down. Bahkan bsia kehabisan kouta atau FUP jika wifi mu punya batasan.

Baca juga : Cara Index Artikel ke Google dalam Hitungan Detik

Kesimpulan

Cara mengganti password wifi hampir sama pada setiap merk router atau modem. Saya juga sudah menuliskannya satu persatu pada merk modem yang berbeda-beda. Selain itu, untuk mengganti password wifi ini, kamu dapat melakukannya menggunakan perangkat apa saja, baik smartphone, laptop, pc atau tablet, yang penting dapat terhubung dengan wifi.

Dalam sebuah bisnis, tidak hanya diperlukan wifi yang stabil, juga diperlukan website custom dan aplikasi android sebagai media promosi online agar bisa menjangkau market yang lebih luas. Segera buat website dan aplikasi android Anda untuk mengembangkan bisnis disini.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-custom

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *