Cara Memulai Iklan Pertama di Facebook Ads

facebook ads

Memulai iklan di facebook merupakan salah satu cara untuk memasarkan brand Anda. Facebook ads merupakan jasa periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan penggunanya dalam memasarkan bisnis mereka melalui fanspage.

Sebelum memulai untuk pertama kalinya, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal sebagai persiapan. Anda bisa membaca apa saja persiapannya pada Persiapan Sebelum Memulai Iklan Pada Facebook Ads.

Setelah membaca persiapan di atas, mari mulai membuat iklan pertama Anda pada facebook Ads.

Pilih Tujuan

Untuk memilih tujuan iklan yang tepat, silahkan tanyakan kepada diri sendiri atau kepada tim, apa hasil yang diinginkan dari iklan tersebut? Lebih detail penjelasan tentang tujuan, bisa Anda akses disini.

Setelah mengetahui tujuannya, silahkan akses fanspage yang sudah Anda buat. Lalu pilih menu promosi pada bagian sidebar. Maka akan muncul halaman seperti gambar berikut :

Tujuan Iklan Pada Facebook Ads

Silahkan pilih sesuai dengan tujuan Anda dalam beriklan.

Pilih Audiens

Dalam memilih audiens, silahkan sesuaikan dengan target pasar. Mulai dari usia, lokasi, hobi, dan lainnya. Semakin detail audiens yang dipilih, akan membantu facebook core audiens dalam memilih penerima iklan yang tepat.

Pilih Audiens

Lokasi, jangkau audiens dilokasi tertentu, baik itu kota, negara atau tempat yang Anda inginkan. Anda bisa memilih lebih dari satu kota dalam satu iklan.

Demografi, jangkau audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, hubungan, jabatan, dan lain sebagainya.

Minat, jangkau audiens berdasarkan minat dan hobi yang paling relevan dengan bisnis Anda. Jika Anda menjual makanan, tentu akan memilih audiens yang menyukai makanan, bukan penyuka otomotif.

Tingkah laku, pilih audiens sesuai perilaku, penggunaan perangkat dan aktivitas yang paling sesuai dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Koneksi, Anda juga bisa menjangkau audiens yang terhubung dengan halaman facebook atau suatu acara.

Pengecualian, kecualikan audiens tertentu yang tidak diinginkan melihat iklan Anda.

Jika belum mempunyai target pasar, Anda bisa memilih Audiens otomatis. Dari audiens otomatis, Anda bisa melihat insight yang nantinya berguna dalam penentuan target pasar.

Tempat untuk Menajalankan Iklan

Pilih dimana Anda ingin menjalankan iklan. Apakah di facebook, instagram, messenger, audience network atau semuanya.

Tempat untuk Menajalankan Iklan

Tentukan Budget dan Periode Iklan

Masukkan anggaran harian yang tersedia untuk iklan tersebut, serta tentukan periode yang Anda inginkan iklan tersebut berjalan.

Jika Anda baru memulai ada baiknya mulai dari Rp10.000 perhari, karena ini budget paling minimal perhari. Serta, jalankan selama periode 4-7 hari, agar insight yang didapat lebih maksimal dan lebih mudah untuk di analisa.

Jika Anda menjalankan iklan dengan budget dan periode seperti di atas, maka Anda akan memerlukan saldo iklan minimal Rp70.000. Jika saldo yang tersedia <Rp70.000, silahkan atur periode sesuai dengan budget yang tersedia.

Pilih Format Iklan

Atur format iklan yang Anda inginkan, baik berupa foto, video, cerita, messenger, carousel (slide), slideshow, collection atau playables. Silahkan sesuaikan dengan konten yang tersedia untuk periklanan pertama Anda.

Bagi yang baru memulai, silahkan mulai dari yang paling bisa Anda sediakan, misal berupa foto produk.

Jalankan Iklan dan Kelola Iklan

Setelah semuanya siap, silahkan jalankan iklan pertama Anda. Saat iklan berjalan, jangan lupa untuk memantau kinerja iklan melalui insight.

Jika Anda melihat kinerja iklan buruk, Anda bisa mengedit iklan pada pengelolaan iklan. Silahkan buat versi lain dari iklan Anda, dan bandingkan kinerja antara iklan pertama dengan iklan kedua, sampai menemukan versi terbaik dari iklan yang ditayangkan.

Tentu semua ini tidak akan berhasil dalam satu kali. Anda perlu mencoba dan merubahnya berkali-kali sampai menemukan pola atau rumus terbaik untuk iklan Anda.

Demikian catatan saya hari ini tentang cara memulai iklan pertama di Facebook Ads, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Baca juga : Mengenalkan Bisnis Dengan Facebook Ads

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *