Cara Verifikasi Google Bisnisku Tanpa PIN [auto verifikasi]

cara-verifikasi-google-bisnisku-tanpa-pin

Listingan yang terverifikasi mempunyai banyak sekali manfaat bagi pemilik bisnis. Namun, masih banyak juga yang kesusahan atau belum mengetahui cara verifikasi google bisnisku.

Tahapan verifikasi ini menjadi hal yang sangat penting agar Anda mempunyai hak secara menyeluruh mengelola listingan bisnis.

Ada beberapa cara yang disediakan google untuk verifikasi listingan bisnis mereka. Beberapa waktu yang lalu, saya sudah menuliskannya pada artikel yang berjudul Langkah Mudah Untuk Verifikasi Google Bisnisku.

Cara Verifikasi Google Bisnisku Tanpa PIN [auto verifikasi]

Artikel ini saya tulis karena ada cukup banyak teman-teman mengeluhkan post card yang berisi pin verifikasi tidak kunjung sampai ke alamat mereka.

Sebelum lebih jauh, saya mohon maaf jika cara yang saya sampaikan di bawah ini mungkin agak berbeda dengan artikel lainnya. Tetapi, ini murni pengalaman saya.

Kenapa Post Card Tidak Sampai?

Menurut diskusi yang pernah saya ikuti sebelumnya, ada beberapa alasan yang membuat post card tidak sampai ke alamat kita.

Bisa jadi karena proses pengiriman dari google sendiri bermasalah atau alamat tidak lengkap, sehingga susah ditemukan kurir, dan masih ada faktor lain yang tidak ketahui.

Cara Mengatasi Post Card Tidak Sampai

Kalau Anda mengalami masalah ini, saya mempunyai 3 saran yang bisa dicoba :

1. Menunggu sampai datang

Menunggu adalah sesuatu yang membosankan. Namun, tidak ada pilihan lain, kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu, karena google juga butuh waktu untuk melayani banyak pelanggannya. Jadi harap bersabar hehe

Biasanya post card akan sampai dalam waktu 4-20 hari kerja setelah request pengiriman. Namun, setiap alamat juga berbeda-beda, terkadang ada yang sampai 30 hari baru sampai.

Meskipun begitu, saya pernah menerima post card hanya dalam waktu 3 hari, sore sabtu saya request, hari selasa sudah sampai ke alamat bisnis. Hal ini terjadi ketika saya membuat listingan untuk bisnis keluarga di daerah perkampungan di Kalimantan.

Namun, berbeda halnya ketika saya membuat listingan di daerah perkotaan. Saya juga tidak kunjung mendapatkan post card dari google. Hal ini terjadi beberapa kali, sehingga masih menjadi misteri sendiri bagi saya sampai sekarang.

Jika sudah menunggu sampai 30 hari belum datang juga, ada baiknya Anda ikuti langkah kedua.

2. Mendatangi kantor kurir terdekat

Ada baiknya saran kedua ini dilakukan ketika belum menerima post card dalam waktu 30 hari. Biasanya kurir yang digunakan google adalah jne, karena saya belum pernah menerima dari kurir lain.

Jadi, silahkan datang ke kantor jne terdekat atau ke kantor cabang dikota Anda. Tanyakan terkait surat dari google my business dengan tujuan alamat bisnis Anda.

Biasanya pelayan akan bertanya no resi pengiriman. Jawab saja kalau google tidak memberikan no resi untuk pengiriman tersebut. Mereka akan mengeluarkan kumpulan surat dari google yang belum sampai ke alamat pemilik.

Tinggal cari surat atas nama bisnis Anda. Jika ditemukan Selamat!! listingan bisnis Anda akan terverifikasi. Jika belum bisa ikuti langkah selanjutnya.

3. Menggunakan jasa verifikasi google bisnisku

Jika dua hal diatas sudah Anda coba dan belum berhasil. Ada baiknya Anda menggunakan jasa verifikasi google bisnisku. Harganya beragam tergantung penyedia jasa tersebut, tetapi cukup terjangkau kok.

Cara Auto Verifikasi Google Bisnisku

Dari banyaknya pertanyaan seputar kenapa post card saya tidak sampai. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini.

Ada satu cara yang sangat mudah dilakukan agar listingan bisnis langsung terverifikasi tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama.

Untuk melakukan hal ini, ada beberapa syarat yang perlu dimiliki, yaitu :

  1. Akun gmail yang didalamnya sudah terdaftar minimal 1 listingan google bisnisku terverifikasi
  2. Listingan yang terdaftar di akun tersebut harus dekat dengan listingan bisnis yang akan Anda daftarkan (-+radius 200M)
  3. Jika terdapat >1 listingan bisnis terverifikasi di akun tersebut, maka semuanya harus sudah terverifikasi.

Bagaimana kalau tidak memenuhi syarat?

Tentu Anda sudah tahu jawabannya dong, pasti tidak bisa hehe. Namun saya akan menjawab pertanyaan ini.

Kebanyakan dari teman-teman yang bertanya, rata-rata sudah tidak memenuhi syarat dari poin pertama. Jadi bagaimana dong?

Silahkan buat sebuah listingan bisnis dengan cara pertama seperti di Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku.

Namun yang listingan yang akan Anda buat jangan berada di daerah perkotaan. Coba cari rekan atau keluarga yang tinggal di daerah pedesaan. Pastikan minta alamat rumah mereka dengan benar.

Biasanya listingan bisnis di daerah pedesaan akan lebih cepat sampai sesuai yang saya sampaikan di atas. Dari 10x percobaan, 10x surat sampai <15 hari kerja, tentu 100% berhasil dong hehe.

Setelah surat nya sampai ke alamat rekan atau keluarga Anda tadi. Silahkan verifikasi listingan bisnis tersebut seperti langkah di Langkah Mudah Untuk Verifikasi Google Bisnisku.

Tunggu sekitar 3 hari agar listingan tersebut benar-benar terverifikasi dan muncul di google. Jika sudah, pindah alamatnya tersebut ke alamat tempat tinggal Anda. Anda bisa mengedit alamat di bagian info.

Setelah hasil edit diterima google dan muncul sesuai alamat Anda. Tunggu sekitar 1 minggu agar listingan tersebut sudah benar-benar terupdate di database google.

Jadi?? ini RAHASIANYA!!

Setelah memenuhi syarat yang telah saya sebutkan di atas. Anda sudah bisa melakukan cara verifikasi google bisnisku auto verifikasi.

Inilah tahap rahasinya!! Silahkan buat listingan baru dengan alamat di sekitar rumah Anda yang sudah terdaftar sebuah listingan terverifikasi. Anda bisa iseng mendaftarkan rumah tetangga dalam radius -+200M.

Ikuti langkah cara mendaftar google bisnisku sesuai yang telah saya sampaikan di artikel sebelumnya.

Ketika klik selesai atau pada tahap kedelapan sesuai panduan. Anda akan masuk ke sebuah halaman yang bertuliskan Selamat, bisnis Anda telah terverifikasi.

Setelah melihat halaman tersebut, Anda bebas mengelola listingan tersebut. Anda juga bisa memindahkannya ke alamat lain sesuai dengan bisnis yang Anda miliki.

Sangat mudah bukan cara verifikasi google bisnisku [auto verifikasi]?? hehe. Jangan lupa dipraktekkan ya. Jika terdapat kendala, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar di bawah ini.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *