Cara Index Artikel ke Google dalam Hitungan Detik

Cara_Index_Artikel_ke_Google_dalam_Hitungan_Menit_bahkan_bisa_Detik

Salah satu kemungkinan penyebab website anda sepi pengunjung adalah tidak terindexnya website anda pada google. Pada zaman serba digital sekarang, terindexnya website pada Google menjadi sebuah hal yang wajib, karena akan berdampak pada pengunjung website anda. 

Terindex google sendiri bisa diartikan bahwa website kita bisa muncul pada pencarian google. Jika website kita sudah muncul pada halaman pencarian google, maka website kita akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang mencari konten terkait dengan website kita.

Apabila website kita menjual produk, maka produk kita akan lebih mudah ditemukan melalui google. Untuk mengetahui website kita sudah terindex atau belum, silahkan buka google.com dan masukkan site:namawebsite (contoh: site:khairil.web.id) pada pencarian google.

Baca juga : Cara Mudah Mendaftarkan Bisnis ke Google Bisnisku

Sekarang langsung saya jelaskan saja bagaimana caranya, yang perlu teman-teman pahami disini kita bakal menggunakan Google Webmaster Tools / Google Search Console, silahkan klik search console untuk masuk ke halaman utamanya goolge search console. 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah silahkan teman-teman klik add a property, lalu masukkan nama domain anda dan klik add. Selanjutnya silahkan verifikasi website anda menggunakan beberapa pilihan yang tersedia disana, saya biasa menggunakan tag

Disini saya anggap teman-teman sudah menambahkan websitenya pada google search console, nanti tampilannya kurang lebih seperti berikut ini:

Seperti pada gambar, saya sudah menambahkan website saya https://khairil.web.id pada google search console. Setelah itu silahkan teman-teman masuk ke Use new Search Console (button berwarna biru). 

Setelah itu silahkan masuk ke menu sitemap, dan masukkan sitemap website teman-teman. Kurang lebih seperti gambar berikut :

Setelah submit sitemap, silahkan klik menu URL inspection, ini berfungsi untuk melakukan request agar website kita diindex oleh google. Masukkan link website(submit url) teman-teman yang belum terindex, sebagai contoh saya memasukkan https://khairil.web.id/blog/tentang-business-model-canvas-bmc/ ini untuk saya request index. 

Setelah submit url, silahkan klik Test Live URL yang berada pada sebelah kanan atas. Nanti akan tampil halaman seperti ini :

Silahkan tunggu sampai selesai, kira-kira butuh waktu 15-60 detik. Setelah selesai silahkan klik Request Indexing yang berada disebelah kanan (kita akan meminta kegoogle untuk melakukan indexing pada website kita).

Jika sudah seperti gambar diatas, maka kita telah berhasil request indexing website kita ke google. Sekarang teman-teman tinggal menunggu beberapa saat untuk melihat website teman-teman ke index google.

Baca juga : Apa itu Marketing?

Perlu teman-teman ketahui kalau waktu tunggu disini bervariasi tergantung antrian dari google. Saya pernah mendapati dibawah 50 detik dan rata-rata dua menit. Sedangkan catatan ini saya lupa untuk mengecek dan ingatnya setelah -+55 menit setelah request (bisa teman-teman lihat waktu yang ada dimasing-masing gambar).

Ada baiknya disini teman-teman disarankan melakukan pengecekan secara berkala dengan mengetikkan site:namawebsite pada pencarian google untuk memastikan website teman-teman terindex oleh google. 

Berikut gambar hasil request yang saya praktekan seperti catatan diatas.

Sekarang link yang diminta sudah terindex digoogle, dengan begini kemungkinan website teman-teman ditemukan oleh user yang sedang mencari konten terkait, akan lebih mudah ditemukan.

Demikian catatan ini saya buat, saya menulis ini melalui pengalaman saya sendiri, semoga bermanfaat buat semuanya. Jika ada salah dalam penulisan atau ada yang kurang jelas, teman-teman bisa hubungi saya melalui Kontak saya . Dan jika berkenan mohon share catatan ini melalui sosial media dibawah ini. Terima kasih.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-custom

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *