Optimasi Google My Business Agar Diserbu Pelanggan

cara-optimasi-google-my-business

Optimasi google my business merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan secara gratis dan sangat mudah dilakukan.

Google bisnisku atau yang lebih biasa dikenal dengan sebutan Google My Business merupakan sebuah tool yang dirilis google pada Juni 2014 untuk membantu pemilik bisnis mendapat listingan dari Google secara gratis. Listingan Google My Business berfungsi untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita.

Sudah mempunyai listingan google bisnis? tetapi belum optimal? Mungkin karena Anda mengabaikan beberapa hal yang akan kita bahas dibawah nanti.

Sekitar 2 minggu terakhir ada beberapa orang yang menghubungi saya mengeluhkan listingannya masih sepi kunjungan, belum berada pada peringkat yang bagus di lokalnya, bahkan tidak ditemukan. Oleh sebab itu lah saya akan berbagi beberapa tips yang sebelum2nya sudah pernah saya terapkan, dan terbukti cukup ampuh untuk mendatangkan traffic yang lebih banyak ke listingan tersebut.

Tips Wajib Optimasi Google My Business

Tips ini sangat mudah dilakukan, bisa dilakukan oleh siapa aja, dan sangat murah, bahkan dalam kondisi tertentu tidak perlu mengeluarkan biaya (diluar perangkat dan kouta internet tentunya, hehe). Baiklah langsung saja berikut cara optimasi yang telah saya terapkan :

1. Verifikasi Listingan Anda

Sebelum bisa melakukan kontrol penuh terhadap listingan google, Anda perlu verifikasi listingan terlebih dahulu. Dan ini bersifat wajib dilakukan jika ingin mempunyai listingan yang berkualitas. Jika kebingungan caranya, silahkan baca di Langkah Mudah Untuk Verifikasi Google Bisnisku.

2. Melengkapi Informasi Bisnis

Cara terbaik untuk optimasi listingan google bisnisku adalah dengan melengkapi semua informasi bisnis. Semakin lengkap informasi bisnis, maka akan semakin menarik dan memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis.

Informasi-informasi bisnis yang disediakan google pun terbilang sangat umum, atau tidak bersifat private, tentu akan sangat aman dan tidak akan melanggar privasi pribadi.

3. Melakukan Maintenance

Setelah melakukan verifikasi dan melengkapi informasi bisnis. Jangan lupakan begitu saja, Anda tetap perlu memonitor kinerja listingan agar tetap bisa bersaing. Selain itu, google juga mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk menjaga listingan agar tetap update.

Serta, selalu update terhadap fitur-fiturnya. Tentu kita sebagai pengguna harus ikut update juga jika ingin terus bersaing pada google my business.

Hal yang perlu di kontrol adalah ke akuratan informasi seperti jam operasional yang kadang berubah pada hari-hari tertentu, terutama ketika libur nasional. Ini berfungsi agar pelanggan tetap mengetahui jam operasional tempat favoritnya.

4. Update Postingan Secara Berkala

Update postingan pada listingan bisnis secara berkala, alangkah lebih baiknya jika bisa melakukannya setiap hari, agar listingan Anda terjaga update informasinya.

Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan 4 macam postingan (oktober 2019), seperti postingan yang baru, postingan acara, postingan penawaran, serta produk yang disediakan oleh bisnis Anda. Postingan yang dikirimkan ke google bisnisku ini bisa dijadikan mini blog untuk bisnis Anda. Mini blog ini akan sangat bermanfaat untuk optimasi google my business Anda.

Cara di atas merupakan cara yang harus dilakukan untuk optimasi listingan google. Selain tips di atas, Anda juga perlu tahu cara google menentukan peringkat lokal, agar Anda tetap bisa update sesuai dengan aturan google terbaru. Anda bisa membaca di Cara Google menentukan peringkat lokal Google My Business.

Tips Tambahan Untuk Optimasi Google My Business

Selain cara di atas, saya juga sudah mencoba menerapkan 2 cara lain yang saya rasa cukup ampuh untuk meningkatkan traffic dan rangking di google. Berikut caranya :

1. Sering Order Ojek Online

Sekitar 1,5 tahun yang lalu, ketika baru pindah rumah produksi sevenpion. Bingung antara merubah alamat listingan kantor ke rumah produksi atau membuat listingan baru buat rumah produksi.

Akhirnya memutuskan untuk membuat baru. Karena baru, tentu sangat sepi pengunjungnya, bahkan kadang tidak muncul pada pencarian google. Setelah listingan terverifikasi, listingan saya belum muncul pada maps nya ojek online.

Sejak pindahan itu, saya dan teman-teman cukup sering order ojek online terutama untuk order makanan online. Perlahan dalam waktu kurang dari 2 bulan listingan saya sudah muncul pada maps ojek online. Selain itu, traffic dan rangking listingan saya mulai membaik di google dan semakin mudah ditemukan di google.

Saya berpikir ini menjadi salah satu pendukung naiknya traffic dan rangking saya karena ojek online = pelanggan. Sehingga semakin banyak kunjungan ojek online juga bisa berdampak pada listingan saya.

2. Menambah Review Pelanggan untuk optimasi google my business

Iseng kedua saya terjadi lagi saat ketika mencoba membagikan listingan saya kepada teman-teman untuk meminta review, setelah cukup banyak yang review, kira-kira 1 bulan setelah keisengan itu, posisi listingan saya muncul pada peringkat pertama, cukup kaget waktu itu.

Setelah kejadian itu, saya mencoba menerapkan hal ini pada listingan bisnis warga sekitar tempat tinggal saya. Kurang dari sebulan saya cukup kaget lagi karena kejadiannya sama. Sehingga saya semakin percaya bahwa semakin banyak review akan semakin memperbaiki rangking listingan di google. Dan tentu, menambah kepercayaan pelanggan juga.

Jika Anda butuh Jasa Review Goolge Bisnisku, Anda bisa hubungi saya via wa atau klik disini

Demikian tips yang pernah saya lakukan ketika optimasi google my business, saya menulisnya berkaca dari website support google dan pengalaman saya sendiri selama ini. Tentu akan ada hal yang tidak Anda temukan di website lain seperti sering order ojek online.

Gimana? gratis dan sangat mudah bukan? hehehe. Jangan lupa di praktekkan ya teman-teman, jika mengalami kebingungan atau mendapat hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk berbagi dikolom komentar ya. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *