Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku

cara mendaftar google bisnisku0_macbookgold_front-min

Tidak dapat dipungkiri lagi, pada era serba online sekarang. Semua bisnis dituntut harus mempunyai google bisnisku dengan harapan bisnis yang dijalankan akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Terutama bisnis dibidang kuliner. Tanpa adanya listing di google, ini akan menjadi masalah tersendiri untuk menjangkau pelanggan, karena rata-rata transaksi pada bisnis kuliner sekarang >50% pesanan terjadi melalui online.

Google Bisnisku memungkinkan pemilik bisnis dapat memberi tahu mesin pencari google dan maps tentang informasi dan detail perusahaan yang akan ditampilkan pada hasil pencarian Google atau Google Maps. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat berbagi foto kepada pelanggan dan menanggapi ulasan dari pelanggan.

Cafe yang terlihat sepi pengunjung, belum tentu transaksinya juga sepi. Karena dengan adanya layanan pemesanan makanan online seperti Go-food atau Grab Food.

Dengan maraknya pemesanan makanan online tersebut, maka kebutuhan akan google my business sangatlah diperlukan bagi bisnis.

Bagi yang belum mengenal apa itu google my business, Anda bisa baca pada artikel sebelumnya dibawah ini.

Baca : Mengenalkan Bisnis dengan Google Bisnisku

Ada dua cara membuat akun google my business, berikut caranya akan saya ulas satu persatu :

Cara Pertama : Mendaftar Google Bisnisku

Dalam cara pertama ini, ada sekitar 3 langkah utama dan ada sekitar 9 step pada langkah ketiga nanti, mari kita simak :

1. Akun google (gmail)

Dalam langkah pertama ini, pastikan Anda sudah mempunyai email dari google atau biasa dikenal dengan gmail.

Disini saya anggap Anda sudah mempunyai akun google. Jika Anda belum mempunyai, silahkan mendaftar terlebih dahulu pada mendaftar akun google.

2. Masuk ke halaman google my business

Akses halaman google my business atau klik link ini Google My Business. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman seperti gambar berikut :

Google My Business
Google My Business

Setelah melihat halaman seperti di atas, silahkan Anda klik start now atau mulai sekarang.

3. Mengisi informasi seputar bisnis Anda

Pastikan informasi yang akan Anda isi benar-benar valid sesuai dengan bisnis Anda. Semakin detail informasi yang Anda berikan, maka akan semakin besar potensi pelanggan untuk menemukan bisnis Anda.

Pertama, mengisi nama bisnis. Anda bisa mengisi nama sesuai brand, mengisi nama sesuai dengan bidang bisnis Atau juga bisa mengkombinasikan keduanya.

Nama Bisnis
Nama Bisnis

Jika bisnis Anda terbilang baru, saya sarankan Anda mengkombinasikan keduanya. Karena kombinasi keduanya akan memperkaya kata kunci pada halaman pencarian google. Misalnya saya akan membuat nama “Jasa Pembuatan Website Custom | Sevenpion”.

Nama tersebut merupakan kombinasi antara brand Sevenpion, dengan layanan/bidang yang sevenpion jual yaitu Jasa pembuatan website custom.

Kedua, pada halaman ini jangan lupa pilih “Ya” agar bisnis Anda tampil pada halaman pencarian google atau maps.

Menampilkan Bisnis pada Pencarian Google
Menampilkan Bisnis pada Pencarian Google

Ketiga, Anda akan di minta untuk mengisi alamat lengkap bisnis, mulai dari negara, alamat detail (RT/RW dan No), Kabupaten, Provinsi, dan kode pos.

Alamat Bisnis
Alamat Bisnis

Sebelum melangkah ke halaman selanjutnya, jangan lupa pastikan alamat bisnis Anda sudah benar agar mudah di temukan pelanggan.

Keempat, pada halaman ini Anda akan di minta untuk meletakkan pin lokasi bisnis dengan penanda berwarna merah.

Pin Lokasi
Pin Lokasi

Harap perhatikan benar-benar lokasi bisnis Anda pada tampilan maps sebelum meletakkan pin, jangan sampai melenceng atau salah letakkan pin.

Tips nya Anda bisa menggunakan tampilan satelit dengan mengklik “Satelit” pada pojok kanan atas. Dengan tampilan satelit Anda bisa dengan mudah mengenali rumah Anda. Atau jika mau lebih mudah Anda bisa membuka google street view terlebih dahulu (jika alamat Anda tersedia foto 360 derajatny).

*catatan : anda bisa merubah pin lokasi setelah terverifikasi

Kelima, pada halaman ini Anda bisa menentukan apakah bisnis yang Anda kelola melayani pelanggan dari luar daerah atau luar kota? Jika ya, maka silahkan masukkan nama kota yang Anda jangkau. Jika Anda hanya melayani daerah lokal atau sekitar saja, silahkan pilih “tidak”.

Layanan di luar lokasi
Layanan di luar lokasi

Keenam, pada halaman kategori, silahkan Anda isi sesuai dengan kategori bisnis. Jika bingung, Anda bisa mulai dengan mengetikkan “fashi” nanti akan muncul saran mulai dari “fashion” dan lain sebagainya.

Kategori Bisnis
Kategori Bisnis

Ketujuh, silahkan isi kontak bisnis Anda yang bisa di hubungi dengan mudah oleh pelanggan. Anda bisa mengisi nomor telpon dan situs website bisnis. Jika tidak ingin menampilkan kontak, Anda bisa melewati tahap ini.

Kontak Bisnis
Kontak Bisnis

Saya sarankan Anda mengisi semua kontak yang tersedia. Karena semakin lengkap informasi yang tersedia akan semakin mudah pelanggan menghubungi atau mengenali bisnis Anda.

Kedelapan, sampai tahap ini, Anda hampir selesai mendaftar akun google bisnisku.

Selesaikan Pendaftaran Anda
Selesaikan Pendaftaran Anda

Kesembilan, ini merupakan langkah terakhir untuk proses mendaftar akun google my business. Silahkan isi nama Anda (pemilik bisnis), agar lebih mudah di temukan kurir saat pengiriman surat yang berisi kode verifikasi dari google.

Nama Penerima Surat
Nama Penerima Surat

Pada langkah di atas, kita tidak bisa mencantumkan nomor telpon agar lebih mudah di temukan kurir. Ini juga menjadi salah satu kelemahan dari google yang menyebabkan seringnya surat ini tidak sampai ke alamat pemilik bisnis.

Baca juga : Cara Cepat Verifikasi Google Bisnisku

Selesai, dengan melewati sembilan langkah di atas, maka Anda telah berhasil mendaftarkan bisnis pada google my business.

Sekarang Anda tinggal menunggu surat yang di kirimkan google berisi kode verifikasi. Biasanya ini memerlukan proses 4-7 hari kerja.

Berdasarkan pengalaman saya surat ini sampai paling lambat 5 hari untuk daerah pedesaan dan bisa sampai 1 bulan untuk daerah perkotaan. Bahkan untuk daerah perkotaan saya juga sering mendapati surat tidak sampai-sampai ketika lebih 1 bulan.

Tapi jangan khawatir, jika Anda mengalami masalah Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak atau pada email/nomor wa yang tertera di halaman depan website ini.

Cara Kedua : Klaim Bisnis yang Sudah Terdaftar

Cara yang kedua ini bisa di katakan bisa di lakukan jika bisnis Anda sudah terdaftar sebelumnya, tetapi Anda tidak mempunyai akses untuk mengelolanya.

Dalam beberapa kasus, tanpa pernah mendaftarkan bisnis kita ke Google Bisnisku, bisnis kita sudah muncul pada halaman pencarian Google dan Google Maps.

Jadi, saya sarankan sebelum Anda mendaftarkan bisnis ke google bisnisku seperti cara di atas, silahkan cari dulu nama bisnis Anda di pencarian Google dan Google Maps. Jika tidak ada, maka ikuti langkah-langkah seperti di atas untuk mendaftarkan bisnis. Namun, jika sudah ada, silahkan ikuti langkah-langkah di berikut :

1. Buka google maps

Silahkan akses Google Maps dan cari nama bisnis yang bersangkutan dengan bisnis Anda. Pada langkah ini, Anda tidak boleh sembarangan mengklaim bisnis orang lain atau yang sejenis bahwa itu adalah bisnis Anda. Misalnya seperti gambar berikut :

bisnis-terkait
Bisnis Terkait

Jadi sebelum klaim bisnis, perhatikan informasi terkait bisnis tersebut. Jika memang informasinya sesuai, silahkan lanjutkan ke langkah kedua.

2. Klaim bisnis

Setelah Anda menemukan bisnis yang informasinya sesuai dengan informasi bisnis Anda. Silahkan Anda klik “klaim bisnis ini” atau “claim this business” seperti gambar berikut :

klaim-bisnis-yang-tersedia
Klaim Bisnis Anda

3. Mengisi informasi bisnis

Setelah Anda klaim bisnis seperti pada langkah kedua. Anda akan di arahkan ke halaman untuk mengisi informasi bisnis.

Jika Anda bingung bagaimana caranya, silahkan Anda scroll lagi ke atas pada cara pertama langkah tiga. Ikuti langkah-langkah tersebut sampai selesai.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *