Menciptakan Nilai dan Menangkap Kembali Nilai dari Pelanggan

Menciptakan_Nilai_dan_Menangkap_Kembali_Nilai_dari_Pelanggan

Tujuan utama dari aktivitas pemasaran adalah menciptakan nilai dan menangkap kembali nilai dari pelanggan.

Apa itu pemasaran? menurut buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong), pemasaran (marketing) adalah mengelola hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan.

Lebih lanjut tentang marketing, baca : Apa itu Marketing?

Dalam sebuah perusahaan, pemasar (marketers) menjadi ujung tombak yang akan membawa perusahaan sampai ke pelanggan. Dengan arti lain, pemasar adalah orang yang menjual dan membawa perusahaan untuk mendapatkan nilai dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan lingkungan sekitar. 

Untuk mencapai tujuan dari pemasaran, seorang pemasar harus bisa menjalin hubungan yang baik/kuat dengan pelanggan. Dengan terbentuknya hubungan yang baik, maka perusahaan akan bisa menangkap kembali nilai dari pelanggan.

Menurut buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong), ada “Five Major Customers Value Themes”, yaitu sebagai berikut :

Membuat nilai untuk pelanggan dan menangkap kembali nilai dari pelanggan

Dalam hal ini, pemasar harus baik untuk menciptakan nilai pelanggan dan mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan. Untuk menciptakan nilai pelanggan, pemasar harus :

  1. Mengerti pasar dan mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.
  2. Pemasar harus merancang strategi pemasaran untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. 
  3. Membangun program pemasaran yang terintegrasi untuk mendapatkan nilai tambah (khusus) di mata pelanggan.
  4. Membangun hubungan baik yang menguntungkan dan dapat menciptakan kepuasan pelanggan.
  5. Menangkap kembali nilai pelanggan yang telah dibangun untuk mendapatkan keuntungan.

Membangun dan mengelola kekuatan, membangun merek yang kuat

Merek yang kuat akan menjadi nilai tersendiri di mata pelanggan dan menguntungkan hubungan pelanggan. Pemasar harus bisa menciptakan merek yang kuat dan mengelolanya dengan baik. Salah satunya melalui pengalaman perusahaan selama membantu menyelesaikan masalah pelanggannya.

Baca juga : Tingkatan Produk dalam Manajemen Pemasaran

Memanfaatkan teknologi pemasaran yang baru

Berkembangnya teknologi  sekarang, mengakibatkan pemasaran juga berkembang secara drastis dan mengubah bagaimana pelanggan dan pemasar berhubungan satu dengan yang lainnya.

Dalam dunia pemasaran sekarang, dikenal istilah digital marketing, yaitu pemasaran yang pada prakteknya memanfaatkan teknologi. Istilah digital marketing sangat trend beberapa tahun terakhir. Gaya pemasaran lama secara perlahan sudah mulai beralih ke pemasaran secara digital.

Terbukti pemasaran secara digital lebih efektif dibandingkan pemasaran lama, karena target pasar yang kita tentukan lebih terorganisir dan tertuju. Selain itu, pemasaran secara digital juga akan menghemat lebih banyak biaya yang akan dikeluarkan.

Mengevaluasi kembali pemasaran

Kondisi ekonomi yang tidak normal sekarang, pemasar harus memastikan apa yang dikeluarkan perusahaan untuk memasarkan produk harus sesuai dengan apa yang akan mereka dapatkan.

Pada masa lalu, program-program pemasaran bernilai sangat mahal. Dengan hadirnya teknologi, pemasar bisa mulai mempertimbangkan untuk mengurangi besarnya biaya pemasaran, salah satunya melalui pemasaran secara digital.

Pemasaran yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Perkembangan teknologi membuat dunia rasanya semakin kecil dan sempit. Pemasar bisa dengan lebih mudah membangun merek mereka secara global dan berkelanjutan dibandingkan pada masa lalunya.

Kunjungi : Jasa Pembuatan Website Custom – Sevenpion

Demikian sedikit tulisan singkat saya hari ini tentang Menciptakan Nilai dan Menangkap Kembali Nilai dari Pelanggan yang saya pelajari dari buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong). Semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman pembaca kedepannya dan bisa menjadi acuan bagi saya jika mulai lupa dengan materi ini.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau pada halaman Kontak. Terima kasih.

Referensi : buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong).

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *