Apa Itu Marketing?

Apa_itu_Marketing

Apa itu marketing? ketika pertanyaan ini dilontarkan kepada saya, saya berpikir inti dari marketing adalah bagaimana suatu produk dan atau jasa sebuah perusahaan bisa terjual.

Setiap hari sejak bangun tidur kita selalu bergulat dengan istilah marketing. Mulai dari membuka instagram muncul sebuah postingan yang menawarkan sepatu. Selanjutnya, buka youtube muncul iklan yang menawarkan pemesanan tiket hotel, selanjutnya lagi, Anda buka tv muncul iklan yang menawarkan belanja online pada suatu marketplace.

Begitu juga ketika Anda membaca koran/majalah banyak menawarkan perumahan dengan dp 0%, buka email banyak penawaran kartu kredit dan promo-promo belanja online, dan masih banyak lainnya.

Dengan kata lain, setiap hari kita selalu dipenuhi dengan hal-hal yang terkait dengan kegiatan marketing. Mulai dari dari bangun tidur sampai mau tidur kembali tanpa disadari kita selalu diliputi dengan hal itu. Tetapi, apa itu marketing?

Marketing Adalah ….

Dalam buku Principles of Marketing (Philip Kotler and Gary Amstrong[21]dikatakan bahwa ketika ditanya apa itu marketingMany people think of marketing as only selling and advertising. Pernyataan tersebut tidak begitu jauh dengan apa yang awalnya saya pikir tentang marketing.

Sekarang, marketing tidak hanya sekedar bagaimana produk/jasa sampai ke tangan pembeli. Tetapi, marketing sekarang adalah bagaimana kita bisa memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Baca juga : Tingkatan Produk dalam Manajemen Pemasaran

Jika pemasar sudah paham apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan, pemasar harus mengerti bagaimana mengembangkan produk/jasa yang bisa memberikan nilai (dapat menyelesaikan masalah) bagi pelanggan. Mempromosikannya dengan baik dan tertarget, maka penjualan akan lebih mudah dicapai.

Secara sederhana marketing merupakan proses mengelola hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan. Menurut saya menguntungkan disini memiliki maksud bahwa ketika sebuah perusahaan mengetahui apa masalah pelanggannya? dan perusahaan bisa membantu memecahkan masalah pelanggan, maka akan terjadi timbal balik yang akan saling menguntungkan dikedua belah pihak.

Jadi, marketing bisa didefinisikan sebagai proses perusahaan-perusahaan untuk menciptakan sebuah nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan.

Marketing Menurut Para Ahli

Menurut Peter Drucker pada buku Principles of Marketing bahwa “The aimp of marketing is to make selling unnecessary”. Penjualan dan periklanan hanya satu bagian dari besarnya cakupan marketing.

Secara luas, menurut buku Principles of Marketing, marketing is a social and managerial process by which individuals and organizations obtain what they need and want through creating and exchanging value with others.

Baca juga : Menciptakan Nilai dan Menangkap Kembali Nilai dari Pelanggan

Beberapa tahun terakhir, seiring pesatnya perkembangan teknologi, pemasaranpun mulai mengarah ke tren yang dikenal dengan istilah Digital Marketing. Apa itu digital marketing? nanti akan dibahas pada catatan selanjutnya.

Demikian sedikit tulisan singkat saya hari ini tentang Apa itu Marketing? yang saya pelajari dari buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong). Semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman pembaca kedepannya dan bisa menjadi acuan bagi saya jika mulai lupa dengan materi ini.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau pada halaman Kontak. Terima kasih.

Referensi : buku Principles of Marketing (Philip Kotler, Gary Armstrong).

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *