Listingan Bisnis Yang Ditangguhkan Karena Kualitas

listingan-bisnis-yang-ditangguhkan

Apakah Anda melihat listingan bisnis yang ditangguhkan pada halaman google bisnisku Anda. Ini merupakan keluhan paling banyak oleh teman-teman yang masuk ke whatsapp saya. Sekaligus, ini juga merupakan keluhan saya sendiri, karena sudah ada >20 listingan bisnis saya tersuspend karena kualitas.

Saya sudah merangkum kumpulan whatsapp yang masuk ke wa pribadi, tentang kenapa listingan bisnis ditangguhkan oleh google.

Listingan Bisnis Yang Ditangguhkan Versi Google

Ketika mendapati listingan bisnis saya tersuspend atau ditangguhkan, saya agak kaget karena ketika itu tidak melakukan apa-apa. Bahkan, dalam beberapa minggu sebelumnya saya tidak ada membukanya, sehingga agak membingungkan.

Setelah mengalami hal tersebut, saya membuka halaman bantuan google, tentang kenapa listingan bisnis ditangguhkan oleh google. Alasan utama listingan di tangguhkan adalah karena akun pengguna melanggar kebijakan konten dan perilaku. Namun, ada 3 kondisi ketika listingan bisnis ditangguhkan yaitu:

Jika google menghapus listingan

Dalam kondisi pertama ini, user tidak bisa mengakses listingan tersebut, pemilik dan pengelola juga tidak dapat melakukan tindakan apa-apa terhadap listingan tersebut.

Pemilik dan pengelola bisa mengedit dan mengajukan banding agar listingan dipulihkan. Namun, hasil edit tidak akan muncul, kecuali listingan telah dipulihkan oleh google.

Jika google menghapus akun google pemilik

Ketika google menghapus akun google pemilik, maka semua listingan yang dimiliki atau dikelola oleh akun tersebut akan terhapus juga. Namun, jika google mengaktifkan kembali akun google pemilik tersebut, maka semua listingan tertaut pada akun tersebut akan dipulihkan.

Jika google menghapus akun google pengelola

Dalam kondisi ini, google akan menangguhkan pengelola pada listingan yang dikelola. Namun, listingan itu sendiri tidak akan terpengaruh. Jika google mengaktifkan kembali akun tersebut, maka pengelola akan otomatis mendapat aksesnya kembali terhadap listingan tersebut.

Baca juga : Cara verifikasi google bisnisku via sms

Listingan Bisnis Yang Ditangguhkan Rangkuman Whatsapp

Sejujurnya saya sendiri masih penasaran kenapa listingan bisnis bisa ditangguhkan oleh google. Karena, tidak adanya pemberitahuan dari google, hanya tersedia pada dashboard google bisnisku, dan ini seringkali mengagetkan pemiliknya (termasuk saya).

Mengedit informasi listingan

Kasus yang paling banyak terjadi ketika teman-teman mengeluhkan listingannya di suspend adalah karena setelah mengedit beberapa informasi. Seperti, alamat, no hp, kategori bisnis, jam buka, sampai dengan nama bisnis.

Namun, keluhan paling banyak adalah setelah mengedit alamat dan nomor hp. Setelah mengedit alamat atau no hp, banyak sekali listingan bisnis teman-teman yang langsung di tangguhkan. Saya sendiri juga sudah mencobanya pada banyak listingan, yang tidak ditangguhkan hanya 1 dari 10 listingan yang dicoba.

Jadi, pastikan alamat dan no hp atau informasi yang dicantumkan di listingan bisnis Anda benar-benar informasi yang sesuai dengan faktanya.

Mempunyai listingan di akun dan alamat yang sama

Kasus kedua yaitu si pemilik mempunyai listingan lain di akun dan alamat yang sama. Tampaknya kalau dibaca-baca dari beberapa sumber di internet, hal ini merupakan sebuah pelanggaran menurut google.

Google sepertinya menginginkan listingan bisnis yang benar-benar berkualitas. Sehingga, dalam beberapa kasus listingan akan ditangguhkan oleh google.

Memalsukan ulasan listingan bisnis

Ada banyak sekali cara optimasi google bisnisku agar dapat meningkatkan posisi listingan di hasil pencarian google. Salah satunya adalah dengan memperbanyak ulasan listingan bisnis. Ini terbukti memang sangat berpengaruh pada rangking hasil pencarian google.

Namun, dapatkan ulasan bisnis benar-benar organik, bukan dibuat-buat. Contohnya, membuat banyak akun google yang banyak, lalu memberikan ulasan ke listingan bisnis Anda. Jika itu yang Anda lakukan, ada baiknya jangan lakukan hal itu lagi, karena google sudah semakin ketat dengan hal tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan ulasan yang benar-benar organik. Bisa memberikan promo gratis es teh jika memberikan review pada listingan bisnis Anda (misal listingan warung makan, sesuaikan dengan bisnis Anda). Hal ini banyak sekali saya lihat pada warung-warung makan yang pernah dikunjungi, mulai dari pecel lele, warteg, burjo, coffee shop, bahkan restoran sekalipun.

Melanggar aturan (tulisan update Desember 2020)

Saya menerima banyak keluhan dan curhatan dari pengunjung website ini ke no whatsapp pribadi. Dari sekian banyaknya curhatan, rata-rata ternyata listingan mereka melanggar kebijakan pengguna dari google bisnis sendiri.

Beberapa hal yang paling sering dilanggar adalah menggunakan merek orang lain (sering terjadi ketika menjual produk suatu perusahaan dan mencantumkan nama mereknya di nama bisnis). Selain itu, bisnis online juga tidak diizinkan untuk tampil di google bisnis.

Tips Agar Listingan Bisnis Tidak Ditangguhkan

Ada beberapa tips yang bisa saya rangkumkan agar bisnis Anda tidak ditangguhkan. Simak berikut ini:

  1. Ketika membuat listingan bisnis, pastikan informasi bisnis benar-benar sudah sesuai
  2. Hindari mengedit informasi bisnis ketika bisnis sudah terverifikasi, makanya pastikan informasi sudah benar, terutama alamat dan no hp
  3. Jika ingin mengedit informasi bisnis, hindari mengedit alamat dan no hp. Jika terpaksa harus mengedit alamat, edit alamat ketika berada dilokasi tersebut dan pastikan GPS Anda aktif
  4. Cegah mempunyai listingan bisnis di alamat yang sama
  5. Jangan memalsukan ulasan google bisnisku
  6. Hindari menggunakan URL penerusan ke situs Anda

Baca juga : Cara Verifikasi Google Bisnisku Tanpa PIN [auto verifikasi]

Cara Mengatasi Listingan Bisnis yang Ditangguhkan

Sebelumnya saya menulis seperti ini :

Sebenarnya hal ini masih sangat misteri dan belum menemukan jawaban pastinya juga. Karena, dalam prakteknya, meskipun listingan saya tidak melanggar kebijakan google, sampai sekarang pengajuan banding saya belum pernah mendapatkan respon, padahal sudah hampir 1 tahun.

[update Desember 2020] Namun setelah adanya pandemi covid-19 ini. Saya mengamati banyak hal dan mengalami suspend juga pada lokasi bisnis saya sendiri. Sebelumnya ketika pengajuan banding susah sekali untuk dilakukan. Namun, ketika pandemi ini, justru pengajuan banding lebih mudah direspon oleh pihak google dari sebelumnya.

Jadi, jika Anda mengalami hal ini jangan ragu untuk mengajukan banding, bahkan kemarin [24 Desember 2020] ada klien saya yang mengajukan banding, hanya butuh 1 hari, sudah kembali listingannya. Yang penting bisnis Anda mematuhi kebijakan privasi google bisnis ya.

Berikut cara untuk mengajukan bandingnya:

  1. Pastikan lokasi Anda memenuhi kebijkan privasi dulu, baca disini
  2. Buka dashboard google bisnis Anda
  3. Pilih nama bisnis dan klik learn more yang ada di paling kanan pada baris nama bisnis
  4. Pada halaman tersebut, scroll ke paling bawah atau cari Hubungi Kami
  5. Silahkan isi form yang tersedia di halaman tersebut
  6. Lalu tinggal tunggu balasan email dari google (biasanya 3-5 hari kerja)

Kesimpulan

Untuk cara mengatasi atau mengajukan banding listingan bisnis yang ditangguhkan Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda real dan tidak melanggar kebijakan privasi google. Maksud real disini adalah bisnis Anda mempunyai lokasi fisik seperti toko, kantor ataupun sejenisnya.

Demikian, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman ke teman-teman yang lain melalui kolom komentar dibawah 🙂

promo-psbb-jasa-review-google-bisnisku

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

16 Comments

  1. Masalah yang sama. Tiba2 ada pemberitahuan google ditangguhkan. Padahal gak ngapain2. Sudah mencoba seribu cara bantuan sampai saat ini juga tidak menemukan solusi alias tombol bantuan pun * tidak membantu juga*

  2. Tks atas penjelasannya dan sy udah bkin 3 GMB gara-gara ada note “listingan GMB sy suspended dan juga perlu dukungan..???. Jadi sebaiknya sy wait & see ajah utk GMB sy atau sy bikin baru lagi usaha bisnis sy d GMB dgn akun email baru tapi no. HP dan alamat sama, mohon saran petunjuknya. Tks banyak

  3. gan, waktu ngisi request untuk reinstatement itu kan disuruh ngisi URL google business kita.. itu dapatnya dari mana ya? bisnis saya status nya suspended karena quality issues infonya.
    makasih gan

  4. pak, saya juga tiba2 dpt email ditangguhkan tp sperti ini bunyinya
    “ditangguhkan karena ada laporan aktivitas yang mencurigakan.”
    pdhal saya tidak melakukan aktivitas apa2.. ini bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *