Langkah Mudah Untuk Verifikasi Google Bisnisku

peringkat lokal Google My Business

Untuk mengelola listingan google secara penuh, anda wajib melakukan verifikasi listingan google. Google menyediakan lima macam cara yang berbeda untuk melakukan verifikasi listingan bisnis Anda. Akan kita bahas pada artikel ini.

Sebelum melakukan verifikasi. Anda harus membuat atau klaim daftar google bisnisku. Jika Anda belum melakukan hal tersebut, Anda bisa membaca artikel ini untuk membuat atau klaim Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku.

Seperti yang di katakan di atas, bahwa ada lima cara yang di sediakan oleh google untuk melakukan verifikasi. Tetapi tidak semua jenis bisnis yang Anda kelola bisa melakukan verifikasi dengan kelima cara itu. Berikut kelima cara tersebut :

  1. Verifikasi melalui surat
  2. Verifikasi melalui telepon (tersedia untuk bisnis tertentu)
  3. Verifikasi melalui email (tersedia untuk bisnis tertentu)
  4. Verifikasi cantuman bisnis secara instan (tersedia untuk bisnis tertentu)
  5. Verifikasi massal (tersedia untuk bisnis dengan 10+ lokasi)

Biasanya untuk akun google yang baru membuat atau mengklaim bisnis. Hanya bisa melakukan verifikasi melalui satu cara, yaitu verifikasi menggunakan surat.

Verifikasi Listingan Google Melalui Surat

Sebelum melakukan verifikasi bisnis melalui surat yang di sediakan google. Pastikan alamat yang Anda cantumkan sudah benar dan lengkap. Agar memudahkan kurir untuk menemukan alamat Anda saat pengiriman surat.

Berikut langkah-langkah untuk verifkasi menggunakan surat :

1. Masuk ke halaman Google Bisnisku

2. Pilih bisnis

Pilih bisnis yang ingin Anda verifikasi, lalu klik Verifikasi Sekarang. Anda akan di arahkan ke halaman permintaan kartu pos.

3. Permintaan kartu pos

Pada halaman ini, Anda akan meminta pengiriman kartu pos yang berisi surat verifikasi dari google.

Silahkan isi nama lengkap atau nama penggilan yang biasa Anda gunakan untuk pengiriman paket. Jangan lupa untuk memastikan alamat Anda sudah benar, jika belum benar Anda bisa kembali ke halaman info untuk mengedit detail alamat Anda sebelum meminta surat.

Namun disini Anda tidak bisa mencantumkan kontak atau nomor telpon pada saat pengirman. Tetapi, Anda juga dapat mencantumkan nama optional untuk memudahkan kurir dalam menemukan alamat Anda.

4. Kirim katu pos

Setelah Anda memastikan biodata pada langkah ketiga, silahkan klik kirim kartu pos. Anda akan menjumpai halaman seperti gambar dibawah ini nantinya.

verifikasi-listingan-google-bisnisku
verifikasi-listingan-google-bisnisku

5. Surat tiba di alamat Anda

Berdasarkan informasi resmi pada support google mengatakan, sebagian besar kartu pos tiba dalam 14 hari.

Namun, kalau berkaca dari pengalaman saya, surat akan tiba dalam 3-5 hari untuk daerah pedesaan. Dan membutuhkan waktu 10-30 hari untuk daerah perkotaan. Saya tidak tau pasti penyebabnya, tentu ini akan berbeda pada setiap orang, tetapi itulah pengalaman saya selama ini.

Periksa surat yang sudah Anda terima, biasanya berupa amplop yang isinya surat berisi 5 digit kode seperti di gambar berikut :

verifikasi-listingan-google-bisnisku
verifikasi-listingan-google-bisnisku

Gambart

Untuk memasukkan kode verifikasi, ikuti langkah berikut ini :

  1. Masuk ke Google Bisnisku
  2. Buka lokasi yang ingin Anda verifikasi
  3. Klik verifikasi lokasi, atau cari tombol verifikasi sekarang
  4. Di kolom kode, masukkan kode verifikasi yang tertera pada surat Anda
  5. Klik kirim

Setelah itu, bisnis Anda akan terverifikasi, dan biasanya google membutuhkan waktu maksimal 3 hari untuk memunculkan pada halaman pencarian dan maps.

Sambil menunggu Anda bisa melengkapi informasi yang belum terisi. Agar listingan Anda lebih mudah di temukan di pencarian google.

Baca juga : Omzet Meledak Berkat Optimasi Google Bisnisku

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Kunjungi : Jasa verifikasi google my business

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *