Mengenal Jenis Iklan di Facebook Untuk Memaksimalkan Promosi

jenis-iklan-di-facebook

Sebelum memulai fb ads, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu beberapa jenis iklan di facebook, yang dapat di manfaatkan untuk memaksimalkan promosi.

Jika Anda seorang digital marketers, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya facebook ads atau iklan facebook. Namun, bagi sebagian orang mungkin akan bertanya seperti ini “apakah facebook ads itu?”

Facebook ads merupakan jasa periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan penggunanya dalam memasarkan bisnis melalui fanspage.

Baca juga : Mengenalkan Bisnis Dengan Facebook Ads

Tentu dengan adanya iklan facebook ini, memungkinkan Anda untuk mempromosikan bisnis dengan sangat mudah menggunakan facebook.

Namun, sering kali para pengiklan baru atau yang sudah lama mengeluh, “kok, iklanku gito-gito aja ya?”. Lalu, apa sih penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Jenis Iklan di Facebook

Setiap iklan yang di sediakan facebook, memiliki target atau marketnya sendiri-sendiri. Sehingga, jika Anda salah dalam memilih jenis iklan, maka akan berdampak ke hasil iklannya yang kurang maksimal.

Ada 6 jenis iklan facebook yang akan kita bahas pada artikel ini. Mari simak dan pahami secara perlahan, agar iklan yang dibuat bisa sesuai target, lebih maksimal dan tentunya menghemat biaya iklan Anda.

jenis-iklan-di-facebook
jenis iklan facebook

1. Dapatkan Pengunjung Website

Iklan jenis ini bertujuan untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya kunjungan ke website Anda. Melalui ajakan bertindak lebih lanjut pada button iklan dipojok kanan bawah.

Button ajakan bertindak disini bisa berupa pesan sekarang, pelajari selengkapnya, berbelanja sekarang ataupun daftar.

Button yang dipilih nanti akan berisi link website dan bisa kita sesuaikan setelah memilih button.

jenis-iklan-promosikan-situs-web
promosikan-situs-web

Sebagai tambahan, iklan ini juga bisa kita jalankan sekaligus di instagram, tanpa harus membuat 2 iklan. Tentu akan menghemat biaya dong, bayar buat 1 iklan di facebook dapat gratis muncul di instagram sekaligus.

2. Promosikan Bisnis Secara Lokal

Berbeda dengan iklan lainnya, iklan ini dikhususkan untuk menargetkan market lokal, atau market yang berada di sekitar bisnis tersebut berada.

Iklan jenis ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai market lokal dan ingin mengangkat brand lokal.

facebook-bisnis-lokal
bisnis-lokal

Sama seperti jenis iklan pertama, iklan ini juga bisa kita jalankan sekaligus di instagram, tanpa harus membuat 2 iklan.

Budgetnya pun bisa dibilang murah, mulai dari Rp10,000/hari yang bisa menjangkau kisaran 1.300-3900 orang.

3. Promosikan Halaman

Iklan jenis ini bertujuan untuk mempromosikan halaman bisnis Anda secara langsung. Dengan ajakan interaksi menyukai halaman.

Iklan tipe ini biasanya sering digunakan oleh para pelaku ad break untuk mempercepat mendapatkan jumlah like minimal 10.000 agar bisa memenuhi salah satu syarat untuk monetisasi.

jenis-promosikan-halaman
promosikan-halaman

Dengan budget Rp10,000/hari, Anda sudah bisa mendapatkan jangkauan 100-300 orang. Berbeda dengan 2 iklan sebelumnya, iklan jenis ini tidak bisa dijalankan bersamaan pada instagram.

4. Promosikan Postingan

Iklan jenis ini bertujuan untuk mempromosikan postingan pada halaman Anda, agar lebih banyak mendapatkan interaksi.

Interaksi disini bisa berupa suka/like, komentar atau bagikan sebanyak-banyaknya. Iklan jenis ini dapat menjangkau orang-orang baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

promosikan-postingan-facebook
promosikan-postingan

Dengan statistik lengkap yang disediakan facebook, memudahkan kita untuk mengetahui jumlah suka, komentar, dan bagikan pada postingan kita tersebut.

Iklan ini hanya berjalan di facebook, tidak bisa bersamaan di instagram. Bisa dijalankan selama 1 hari dengan budget Rp10,000, dan perkiraan jangkauan antara 250-750 orang.

5. Promosikan Postingan Instagram

Sama seperti iklan jenis ke 4, iklan ini juga bertujuan untuk mempromosikan postingan. Namun, pada instagram, agar lebih banyak mendapatkan interaksi, baik berupa suka dan komentar.

Dengan statistik lengkap yang disediakan facebook, memudahkan kita untuk mengetahui jumlah suka, dan komentar pada postingan instagram tersebut.

jenis-iklan-promisikan-instagram
promosikan-instagram

Iklan ini hanya berjalan di instagram, tidak bisa bersamaan di fb, atau berbalik dengan iklan jenis ke 4 diatas. Bisa dijalankan selama 1 hari dengan budget Rp10,000.

6. Dapatkan Kontak Pelanggan

Nah ini salah satu jenis iklan favorit saya teman-teman. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan kontak pelanggan secara langsung.

Iklan ini mengajak audiens untuk mengisi formulir yang kita sediakan, saya biasanya menggunakan nama, email, no hp, perusahaan dan jabatannya. Teman-teman juga bisa custom formulirnya sendiri.

iklan-facebook-dapatkan-kontak
dapatkan-kontak

Berbeda dengan jenis iklan sebelumnya yang hanya meninggalkan jejak berupa suka, komentar atau bagikan.

Iklan jenis ini akan meninggalkan jejak pelanggan berupa kontak yang bisa kita hubungi untuk menawarkan produk/layanan kita lebih lanjut.

Baca juga : Meningkatkan Interaksi Audiens dengan Facebook Ads

Demikian teman-teman artikel tentang jenis iklan di facebook. Iklan jenis manakah yang paling teman-teman sukai?? Silahkan jawab dikolom komentar ya.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *