Meningkatkan Interaksi Audiens dengan Facebook Ads

facebook ads

Ada banyak tujuan yang bisa kita gunakan untuk menjangkau lebih banyak audiens dengan Facebook Ads. Salah satu tujuan yang bisa kita gunakan adalah meningkatkan interaksi audiens pada postingan yang ada di fanspage.

Tujuan iklan untuk meningkatkan interaksi pos bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi audiens pada postingan yang ada di fanspage kita. Interaksi disini bisa berupa menyukai pos, mengomentari atau juga membagikan pos.

Iklan dengan tujuan ini cocok untuk mengenalkan sesuatu yang baru dari brand kita. Misalnya Anda sedang mengadakan promo HUT RI ke 74, atau yang lainnya. Sehingga akan menarik audiens untuk mencari tahu lebih lanjut tentang brand atau promo yang sedang berlangsung.

Untuk menjalankan iklan ini, Anda bisa memulainya dengan budget paling minimal Rp10.000/hari. Dengan jangkauan iklan antara 140-390 orang perhari.

Panduan ini dilakukan menggunakan laptop, pada dasarnya baik menggunakan laptop atau mobile menunya tetap sama. Jadi, jika Anda pengguna perangkat mobile patut diperhatikan nama-nama menu yang digunakan pada panduan ini. Nama-nama menunya akan saya bold(tebal). Mari simak caranya berikut ini :

Buka fanspage

Buka halaman bisnis atau fanspage Anda. Saya mencontohkan pada fanspage saya Jasa Pembuatan Website Custom”.

Setelah fanspage terbuka, pilih menu promosikan. Maka akan muncul halaman seperti pada gambar berikut ini :

Popup atau modal yang muncul akan menampilkan macam-macam iklan yang dapat kita jalankan pada facebook ads.

Baca juga : Tujuan Beriklan di Facebook Ads

Setting Iklan

Setelah memilih tingkatkan pos pada halaman diatas. Anda akan dibawa ke halaman yang berisi postingan-postingan yang dapat dipromosikan. Pilih salah satu postingan yang ingin dipromosikan dengan mengklik button promosikan postingan. Anda akan dibawa kehalaman seperti gambar dibawah ini :

Setting iklan facebook ads
Setting iklan facebook ads

Pada halaman inilah kita akan mengatur iklan yang akan ditayangkan. Mulai dari pemirsa, periode, anggaran, pembayaran. Serta disebelah kanannya, kita dapat melihat pratinjau iklan (desktop, mobile).

Pertama, mari atur pemirsa yang akan melihat iklan. Mulai dari :

  • Pemirsa otomatis, untuk Anda yang belum mempunyai target pasar
  • Orang yang dipilih melalui penargetan, ini muncul jika Anda sudah menentukan pemirsa seperti artikel Persiapan Sebelum Memulai Iklan Pada Facebook Ads
  • Orang yang menyukai halaman, cocok digunakan jika fanspage mempunyai banyak suka dan ingin membuat pelanggan untuk membeli produk/layanan kita lagi
  • Area lokal, untuk menampilkan iklan pada daerah bisnis Anda
  • Buat permirsa baru, custom pemirsa sesuai keinginan dan sesuai market Anda

Kedua, atur budget dan periode yang diinginkan. Budget paling minimal adalah Rp10.000/hari untuk tipe iklan ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya Anda mencoba selama 4 hari. Karena itu merupakan yang disarankan oleh facebook.

Ketiga, jalankan iklan. Maka iklan akan masuk tahap review oleh facebook sebelum iklan tayang. Anda akan di beri pemberitahuan oleh facebook jika sudah di setujui.

Demikian catatan saya hari ini tentang “Meningkatkan Interaksi Audiens dengan Facebook Ads”, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *