Dark Mode Whatsapp Pada Android dan iOS

cara-aktifkan-dark-mode-whatsapp

Akhirnya, dark mode whatsapp sudah resmi tersedia untuk seluruh pengguna android atau iOS. Tidak seperti sebelumnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna beta dan dibeberapa negara saja.

Fitur dark mode whatsapp merupakan salah satu fitur yang paling ditunggu pengguna akhir-akhir ini. Karena, dengan fitur ini, pengguna akan lebih nyaman menggunakan whatsapp ketika dalam kondisi minim cahaya, agar tidak terlalu menusuk mata.

Menurut keterangan resmi dari whatsapp “Penyatuan warna hitam dan putih murni alami, akan menghasilkan kontras yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan kelelahan mata”. Sehingga, whatsapp telah berhasil menguji coba fitur ini sebelumnya dan telah merilisnya di Indonesia.

Manfaat Dark Mode Whatsapp

Ada banyak sekali manfaat dari fitur dark mode ini, sehingga whatsapp berusaha untuk menyempurnakan fitur ini bagi penggunanya.

Untuk kesehatan

Cahaya yang terlalu banyak masuk ke mata, dapat membuat mata tidak sehat. Selain itu, cahaya yang banyak juga menekan sekresi melatonin, dimana sekresi melatonin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk tidur [1].

Itu kenapa anak-anak milineal sekarang sering kali merasakan kesusahan tidur. Salah satu penyebabnya karena terlalu banyak menggunakan atau menonton layar smartphone. Dengan adanya fitur dark mode ini, maka dapat mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Baca juga : Cara Membuat Campaign yang Menarik Perhatian

Tampilan yang lebih menarik

Fitur dark mode belakangan ini menjadi sangat tren. Sebelum whatsapp, google chrome, instagram dan youtube telah menerapkan fitur ini pada aplikasi mereka.

Roman banks sebagai perancang dan pengembang aplikasi, mengakui bahwa warna hitam membuat desain whatsapp menjadi lebih menarik. Dengan mengangkat warna hitam, maka warna lain akan lebih menonjol dan lebih enak dilihat. Selain itu, dark mode dengan warna hitam mampu membuat desain menjadi semakin kokoh dan kuat.

Lebih hemat baterai

Pada aplikasi sebelumnya, seperti youtube dalam mode gelap, mampu menghemat sekitar 15% energi layar jika dibandingkan dalam keadaan mode terang (light).

Selain itu, google sendiri telah mengonfirmasi bahwa mode gelap yang diterapkan pada layar OLDE dapat membantu menghemat pengunaan batereai.Sehingga, harapannya darkmode whatsapp juga akan mampu menghemat baterai penggunanya.

dark-mode-whatsapp
dark mode whatsapp

Tak Semua Pengguna Bisa Mendapatkan Firut Dark Mode

Ketika membuka twitter, ada banyak sekali twet teman-teman yang menyampaikan bahwa mereka belum bisa menikmati fitur ini. Juru bicara facebook Indonesia telah menjawabnya, bahwa mereka berharap semua bisa menikmati mode gelap whatsapp. Namun, hanya akan tersedia pada versi terbarunya, yaitu versi 2.20.30 pada iOS dan versi 2.20.64 pada Android.

Cara melihat versi whatsapp di Android

Untuk mengecek versi whatsapp pada android. Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka whatsapp
  • Klik titik tiga dipojok kanan atas
  • Pilih setting atau pengaturan
  • Klik help atau bantuan
  • Pilih app info atau informasi aplikasi
  • Maka, akan ada informasi versi whatsapp Anda disana

Jika Anda belum melihat versi 2.20.64, berarti whatsapp Anda belum menggunakan versi terbaru. Maka, Anda perlu membuka playstore > ketikkan whatsapp dikolom pencarian > perhatikan apakah ada button update pada halaman tersebut. Jika iya, silahkan klik update.

Cara melihat versi whatsapp di iOS

Sebelum mengecek versi whatsapp di iOS Anda, pastikan Anda sudah menggunakan iOS 13 agar dapat mengaktifkan fitur dark mode whatsapp ini. Untuk mengecek versi whatsapp di iOS silahkan ikuti petunjuk ini:

  • Buka whatsapp
  • Klik setting atau pengaturan yang ada dikanan bawah
  • Pilih help atau bantuan
  • Maka akan muncul informasi whatsapp dan versi berapa wa Anda

Baca juga : Manfaat Google Bisnisku Bagi Bisnis Lokal

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp

Mengaktifkan mode gelap pada whatsapp Anda terbilang sangatlah mudah. Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan whatsapp Anda telah menggunakan versi 2.20.64 pada Android dan versi 2.20.30 pada iOS. Jika belum, silahkan ikuti panduan di atas untuk mengupdatenya.

Cara mengaktifkan dark mode whatsapp pada android

Bagi pengguna Android, Anda bisa mengaktifkan mode gelap whatsapp dengan cara ini:

  • Buka whatsapp
  • Pilih titik tiga dipojok kanan atas
  • Klik pengaturan atau setting
  • Pilih chat
  • Klik theme atau tema
  • Lalu pilih dark

Simple bukan?

Cara mengaktifkan dark mode whatsapp pada iOS

Bagi pengguna iOS, Anda bisa mengaktifkan mode gelap whatsapp dengan cara berikut:

  • Klik setting atau pengaturan
  • Pilih display & brightness atau layar dan kecerahan
  • Pilih dark mode atau mode gelap

Mudah bukan?

Kesimpulan

Untuk mengaktifkan fitur dark mode whatsapp ini, Anda harus menggunakan aplikasi whatsapp versi 2.20.64 pada Android atau versi 2.20.30 pada iOS. Jika sudah, silahkan ikuti panduan di atas, maka Anda sudah bisa menikmatinya.

Selamat mencoba 🙂

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *