Cara Google menentukan peringkat lokal Google My Business

cara mendaftar google bisnisku0_macbookgold_front-min

Peringkat lokal setiap listingan berbeda-beda pada hasil pencarian google. Hal itu di tentukan oleh banyak faktor mulai dari relevansi bisnis, jarak dan keunggulan.

Faktor-faktor di atas di gabungkan untuk membantu menemukan hasil pencarian yang paling cocok dengan kata kunci yang di cari oleh pengguna.

Google mempunyai banyak algoritma yang berbeda-beda untuk mesin pencarinya. Salah satunya, google mempunyai algoritma yang dapat memutuskan bahwa semakin dekat bisnis yang di cari dengan lokasi pengguna. Maka, bisnis yang terdekat akan mempunyai peringkat yang lebih baik daripada bisnis yang memiliki jarak lebih jauh. Tapi, ini tidak menjadi faktor utama dalam penentuan peringkat lokal.

Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam penentuan peringkat lokal, mari kita simak di bawah ini :

Relevansi

Relevansi adalah seberapa cocok atau relevan informasi yang di cari dengan informasi lokal yang tersedia.

Relevansi sangat berkaitan dengan informasi yang tersedia pada bisnis Anda. Semakin rinci informasi yang Anda sediakan pada google bisnisku, maka akan mempermudah google dalam memahami bisnis Anda dan menampilkan hasil yang paling cocok dengan apa yang di cari pengguna.

Jarak

Sesuai yang telah di jelaskan di atas, bahwa google mempunyai algoritma dalam menentukan lokasi terdekat antara penggunanya dengan apa yang di cari. Itu alasannya kenapa jarak sangat berpengaruh dalam penentuan peringkat lokal.

Jika seseorang pengguna tidak menentukan lokasinya. Maka google akan menghitung jarak berdasarkan yang diketahui tentang lokasi tersebut.

Keunggulan bisnis

Keunggulan bisnis mengacu pada seberapa terkenal brand atau bisnis tersebut di mata pelanggan. Brand yang terkenal biasanya mudah di kenali oleh pelanggan karena sudah mempunyai nama dan kekuatan tersendiri di mata pelanggan.

Beberapa tempat lebih unggul di dunia nyata, dari keunggulan itu juga berdampak kepada pencarian di dunia online. Dalam kasus ini, google akan merefleksikan hal tersebut ke hasil pencariannya. Sehingga, bisnis yang unggul di dunia nyata juga bisa dengan mudah lebih dalam peringkat lokal.

Keunggulan juga berkaitan dengan seberapa banyak informasi yang tersedia pada dunia online, seperti artikel, tautan dan direktori yang membahas seputar bisnis tersebut.

Ulasan pelanggan

Ulasan pelanggan pada listingan bisnis Anda, jumlah ulasan pelanggan dan skor juga akan menjadi pertimbangan google dalam menentukan peringkat lokal.

Lebih banyak ulasan dan penilaian yang positif pada listingan, memungkinkan mempunyai peringkat yang bagus karena lebih di percayai oleh pelanggan.

Baca juga Cara Mudah Mendaftarkan Bisnis ke Google Bisnisku

Posisi Anda di hasil pencarian web juga menjadi pertimbangan dalam hal ini. Sehingga SEO yang optimal pada website juga akan mempengaruhi peringkat lokal bisnis Anda.

Mungkin itu beberapa faktor yang akan menjadi pertimbangan google dalam menentukan peringkat lokal listingan bisnis.

Yang jelas, kita tidak bisa meminta atau membayar agar mempunyai peringkat lokal yang bagus di hasil pencarian google. Google selalu berusaha memperbaiki dan menjaga kerahasiaan terkait detail algoritma yang mereka miliki dalam menentukan peringkat lokal.

Bahkan, peringkat pada hasil pencarian google bisa dikatakan bersifat gaib. Kita hanya bisa mengetahui beberapa faktor-faktor saja, tetapi untuk lebih detail belum bisa.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *