Persiapan Sebelum Memulai Iklan Pada Facebook Ads

facebook ads

Sebelum Anda memulai iklan pada facebook Ads. Ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal yang dijelaskan dibawah nanti. Agar iklan ketika setting iklan, Anda tidak kebingungan lagi. Serta, agar iklan bisa berjalan dengan baik dan lebih efektif.

Untuk Anda yang belum mengenal apa itu facebook ads. Facebook ads merupakan jasa periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan penggunanya dalam memasarkan bisnis mereka melalui fanspage. Untuk lebih detailnya Anda bisa kunjungi : Mengenalkan Bisnis Dengan Facebook Ads

Kalau Anda sudah mengenal apa itu facebook ads? dan kenapa menggunakan facebook ads? Mari kita bahas persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai iklan.

1. Akun Facebook

Sebelum memulai periklanan di facebook, tentu Anda harus mempunyai akun fb lebih dahulu. Jika belum, Anda bisa klik disini untuk membuatnya.

2. Fanspage atau Halaman Bisnis

Setelah mempunyai akun facebook, Anda bisa membuat fanspage untuk bisnis Anda. Berikut caranya :

Pertama : Silahkan anda login ke facebook. Setelah itu pilih menu tanda panah di pojok kanan atas, dan pilih “Buat Halaman”

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Kedua : Setelah masuk ke menu selanjutnya silahkan pilih kategori halaman anda termasuk dalam halaman apa?

  • Tempat atau bisnis lokal
  • Perusahaan, Organisasi atau Institusi
  • Merek atau Produk
  • Artis, Grup Musik atau Tokoh Masyarakat
  • Hiburan
  • Perjuangan atau Komunitas?

Pilih sesuai yang anda inginkan. Misalnya pilih artis.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Ketiga : Setelah anda memilih artis maka akan tampil seperti di bawah ini. Ada banyak pilihan dalam kategori artis, silahkan pilih sesuai dengan keinginan Anda. Seperti contoh di bawah Artis dengan nama Syahrini.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Keempat : Form selanjutnya tampilan seperti di bawah ini. Silahkan isi biodata ini selengkap mungkin untuk kemudahan audiens mengenali halaman Anda.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Kelima : Silahkan unggah foto untuk fanspage anda seperti gambar di bawah ini.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Keenam : Dan selanjutnya isikan semua sesuai perintah di form, lakukan hingga selesai hingga dan simpan.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
image from facebook

Fanspage Anda telah jadi, dan sudah bisa Anda gunakan untuk periklan. Tapi sebelum memulai alangkah lebih baiknya Anda lengkapi info halaman terlebih dahulu secara lengkap dan benar.

Sumber : Cara membuat fanspage

3. Niat dan Tujuan Iklan

Hal ketiga yang harus Anda lakukan adalah menentukan apa tujuan Anda dalam beriklan? Apakah Anda ingin menjual suatu produk atau jasa? mengenalkan bisnis? memperluas pasar? atau apapun tujuan Anda silahkan tetapkan sendiri.

Pada saat artikel ini ditulis, Facebook menyediakan 8 tujuan dalam beriklan, silahkan sesuaikan dengan tujuan Anda dalam beriklan.

Memulai Iklan Pada Facebook Ads
Memulai Iklan Pada Facebook Ads
1. Tingkatkan Pos

Tujuan iklan disini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens ke dalam postingan yang ada dalam fanspage Anda. Baik itu untuk menyukai, mengomentari, dan juga bisa membagikan.

Iklan ini cocok untuk Anda yang mempunyai konten yang bagus, sehingga menarik audiens untuk mencari tahu lebih lanjut tentang brand Anda.

2. Tingkatkan Pos Instagram

Tujuan iklan yang kedua ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens ke dalam postingan yang ada dalam instagram Anda. Baik itu untuk menyukai atau mengomentari postingan.

Iklan ini cocok untuk Anda yang mempunyai konten yang bagus, sehingga menarik audiens untuk mencari tahu lebih lanjut tentang brand Anda.

3. Promosikan Tombol Kirim Pesan Anda

Tujuan iklan yang ketiga ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens untuk mengirim pesan secara langsung kepada Anda.

Iklan ini cocok untuk Anda yang menginginkan interaksi secara langsung kepada audiens melalui pesan pribadi.

4. Promosikan Halaman Anda

Tujuan iklan yang keempat ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens dengan fanspage Anda secara langsung, biasanya melalui like.

Iklan yang satu ini cocok untuk Anda yang mengejar like yang banyak pada fanspage, biasanya ini dilakukan para pengejar uang di facebook melalui Ad breaks.

5. Promosikan Bisnis Anda Secara Lokal

Tujuan iklan yang kelima ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens Anda secara lokal atau daerah tertentu. Iklan yang satu ini cocok untuk Anda yang mengejar target pasar lokal atau daerah saja.

6. Promosikan Tombol Pelajari Lebih Lanjut Anda

Tujuan iklan yang keenam ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens untuk mempelajari atau mengenal lebih jauh tentang brand Anda.

Iklan yang satu ini cocok untuk Anda yang mempunyai bisnis baru. Dengan harapan para audiens akan tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang halaman Anda.

7. Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web

Tujuan iklan yang ketujuh ini adalah untuk meningkatkan interaksi audiens untuk mengunjungi website Anda. Iklan yang satu ini cocok untuk Anda yang membutuhkan traffic lebih banyak pada website. Biasanya sering digunakan oleh para blogger agar mempunyai traffic yang banyak.

8. Dapatkan Lebih Banyak Petunjuk

Tujuan iklan yang terakhir ini adalah untuk mendapatkan lebih banyak data audiens Anda, seperti email, nama lengkap, nomor telpon, perusahaan, jabatan atau yang lainnya, bisa Anda custom sesuai keinginan Anda.

Iklan yang satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan data pelanggan secara langsung.

4. Rekening Bank atau Kartu Debit/Kredit

Hal yang terakhir tentu adalah rekening bank, kartu debit atau kartu debit. Ini fungsinya adalah untuk menambah saldo periklanan Anda. Karena iklan tidak akan bisa jalan jika Anda belum mempunyai saldo. Berikut cara topup saldonya :

Pertama : Silahkan login ke akun facebook. Lalu pilih ads manager atau klik disini.

Kedua : Pilih menu pengaturan seperti gambar berikut :

menu pengaturan
menu pengaturan

Ketiga : Pilih pengaturan pembayaran, lalu klik tambah uang seperti gambar berikut :

pengaturan pembayaran
pengaturan pembayaran

Keempat : Pilih metode pembayaran yang Anda punyai. Misalnya transfer, klik selanjutnya, lihat gambar berikut :

metode pembayaran
metode pembayaran

Kelima : Masukkan nominal yang ingin Anda topup, paling kecil adalah Rp20.000. Misalnya saya masukkan Rp100.000. Klik tinjau pembayaran seperti gambar berikut :

nominal topup.png
nominal topup.png

Keenam : Tinjau pembayaran kita, jika dirasa benar silahkan klik buat pembayaran. Dan ikuti langkah transfernya sampai selesai.

Tinjau pembayaran
Tinjau pembayaran

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *