Cara Install Plugin WordPress Dengan Mudah

cara-install-plugin-wordpress

Mau menambah fitur wordpress tapi gak bisa ngoding? Jangan khawatir, semuanya bisa Anda atasi dengan plugin. Tapi, bagaimana cara install plugin wordpress? Sehingga, saya akan membahas masalah tersebut.

WordPress menjadi CMS yang paling banyak memenuhi website di seluruh dunia saat ini. Namun, wordpress tanpa plugin sama saja wanita yang datang ke nikahan tanpa makeup. Kenapa? karena plugin berfungsi untuk menambah fitur-fitur pada wordpress dan membuatnya menjadi semakin cantik atau semakin optimal.

Misalnya, sebuah toko online yang dibuat dengan wordpress tidak akan berfungsi sebagaimana toko online seharusnya, jika tidak ditambah dengan plugin woocommerce. Plugin woocommerce berfungsi untuk cart, proses checkout, penambahan produk, sampai pada proses transaksi. Mari kita bahas bagaimana cara install plugin wordpress?

Cara Install Plugin WordPress

Menginstall plugin wp terbilang sangatlah mudah, namun tidak salahnya kita membahas masalah ini. Karena, cukup banyak juga diluar sana yang memerlukan penjelasan tentang masalah ini.

Persiapan install plugin wp

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum menginstall plugin wp. Namun, persiapan ini sangatlah mudah dan tidak ribet.

  • Mempunyai wordpress, baik online atau offline
  • Akses login ke dashboard admin
  • Koneksi internet (jika wordpress online)
  • Akses ke FTP/cpanel wordpress (jika manual melalui file manager)

Ada 3 cara yang akan kita bahas untuk menginstall plugin wordpress, mari simak satu persatu:

Menginstall plugin wordpress melalui dashboard admin

Hal yang paling mudah dilakukan untuk menginstall plugin adalah melalui dashboard admin wordpress itu sendiri. Anda bisa mengunjungi dashboard admin dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin, kemudian masukkan username dan password. Maka, Anda akan melihat dashboard admin wordpress.

cara-install-plugin-wordpress
cara install plugin wordpress

Setelah berada pada dashboard admin, silahkan cari menu plugin dan klik add new atau tambah seperti gambar diatas. Setelah itu, silahkan cari nama plugin yang ingin Anda install dan klik install now. Maka, plugin Anda akan otomatis terinstall sendirinya.

Cara install plugin wordpress secara manual

Setelah mengetahui cara instal plugin wordpress secara otomatis melalui dashboard admin. Mari kita bahas cara install plugin wordpress secara manual. Ini biasanya dilakukan karena ada beberapa masalah yang menyebabkan wordpress tidak bisa mengintall plugin secara otomatis melalui dashboard admin.

install-plugin-wordpress-manual
install plugin wordpress manual

Cara inipun terbilang mudah, namun Anda harus mempunyai plugin wp terlebih dahulu yang sudah diletakkan di dalam penyimpanan laptop atau komputer Anda. Silahkan login terlebih dahulu ke dashboard admin dan klik menu tambah plugin seperti cara pertama. Kemudian, klik upload plugin, dan pilih deh plugin yang telah Anda download sebelumnya, atau silahkan lihat alur pada gambar diatas untuk lebih mudahnya.

Baca juga : Cara Install WordPress

Menginstall plugin wp melalui melalui file manager

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menginstall plugin wp adalah melalui file manager website Anda. Cara ini berfungsi ketika penyedia hosting Anda membatasi ukuran upload PHP. Sehingga, menyebabkan tidak bisanya menginstall plugin melalui dashboard admin.

Dalam keadaan ini, Anda memerlukan user dan password untuk login pada penyedia hosting Anda. Sangat tidak direkomendasikan untuk pemula, karena ditakutkan bakal menyentuh file-file lain yang dapat berdampak pada website. Namun, jika terpaksa, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

install-plugin-wp-content
install plugin

Pertama, download plugin yang ingin di install dan extract di penyimpanan komputer. Login atau sambungkan ke file manager Anda, baik melalui cpanel atau ftp client. Lalu, masuk ke dalam folder wordpress Anda, biasanya terletak di dalam folder public_html. Masuk ke dalam folder wp-content/plugins, kemudian upload file plugin yang telah Anda extract sebelumnya. Atau lihat gambar berikut:

install-plugins
folder upload plugin

Cara Aktifkan Plugin WordPress

Setelah selesai install plugin wordpress, jangan lupa untuk mengaktifkannya. Karena, plugin yang sudah diinstal tidak akan berfungsi jika belum diaktifkan. Aktifkan dengan masuk ke menu plugin di dashboard admin, silahkan pilih plugin yang ingin di aktifkan. Selesai!!

aktifkan-plugin-wp
aktifkan plugin wp

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan banyak plugin sekalugus dengan menandai plugin yang ingin diaktifkan.

Baca juga : Cara Membuat Website Tanpa Coding

Kesimpulan

Ada 3 cara install plugin wordpress yaitu menginstall secara otomatis melalui dashboard admin, manual melalui upload plugin di dashboard admin dan manual melalui file manager wordpress. Cara yang paling direkomendasikan bagi pemula adalah menginstall secara otomatis melalui dashboard admin, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian pandungan cara install plugin wordpress ini, sangat mudah bukan? Jika Anda mengalami masalah, bisa cantumkan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!!

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *