Mengenalkan Bisnis dengan Google Bisnisku

cara-mendaftar-google-bisnisku

Era digital terus berkembang dengan pesat. Tempat bisnis yang strategis tidak lagi menjadi poin utama dalam pembangunan bisnis. Apalagi setelah dirilisnya google bisnisku oleh Google pada Juni 2014. Para pelaku bisnis bisa mencantumkan lokasi bisnisnya pada Google Maps/ Google search melalui google bisnisku.

Google bisnisku memungkinkan perusahaan untuk menampikan informasi, kontak, jam buka kantor, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. Dengan tujuan informasi seputar perusahaan akan mudah di temukan pada pencarian google ataupun pencarian google maps.

Google bisnisku selain bisa digunakan oleh pebisnis, tetapi juga bisa digunakan oleh instansi, bahkan pemilik rumah yang ingin informasi mereka dapat dengan mudah ditemukan pada hasil pencarian google dan google maps.

Apa itu Google Bisnisku?

Google bisnisku atau yang lebih biasa dikenal dengan sebutan Google My Business merupakan sebuah tool yang dirilis google pada Juni 2014 untuk membantu pemilik bisnis mendapat listingan dari Google secara gratis.

Google my business membuat bisnis Anda online selama 24 jam dalam sehari tanpa mengenal waktu. Sehingga akan memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis Anda, kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun tanpa ada batasan.

Baca juga : Cara Mudah Mendaftarkan Bisnis ke Google Bisnisku

Jika Anda pengguna setia Google, Anda pasti familiar dengan mengetikkan kata kunci, dan selanjutnya menemukan hasil sesuai apa yang Anda ketikkan pada kolom pencarian. Ketika menampilkan hasil, google tidak hanya menampilkan artikel terkait kata kunci, tetapi juga menampilkan bisnis yang terkait dengan kata kunci.

Mengenalkan Bisnis dengan Google Bisnisku
Hasil Pencarian Google

Kenapa Harus Menggunakan Google Bisnisku?

Ada banyak alasan kenapa Anda harus mencoba google my business sebagai salah satu upaya mengenalkan bisnis kepada pelanggan. Adapun sebagian alasannya adalah sebagai berikut :

1. Memudahkan pelanggan dalam menemukan tempat Anda

Pada era industri, tempat bisnis yang strategis menjadi salah satu faktor yang sangat penting agar mudah ditemukan pelanggan.

Pada era digital, itu tidak menjadi prioritas utama lagi, karena dengan adanya google my business, pelanggan tetap dapat dengan mudah untuk menemukan lokasi bisnis Anda.

Pelanggan Anda hanya perlu menuliskan keyword sesuai dengan bisnis Anda, maka google akan menampilkan hasil yang paling sesuai dengan keyword yang dimasukkan.

2. Mendapat wawasan dari pelanggan

Jika google bisnisku yang Anda buat telah terverifikasi. Anda dapat melihat wawasan tentang pelanggan Anda.

Mulai dari bagaimana pelanggan menemukan bisnis Anda? kata kunci yang digunakan untuk mencari bisnis Anda, hal yang dilakukan pelanggan ketika menemukan bisnis Anda (seperti melakukan panggilan, klik website atau meminta arah).

Wawasan ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui segmentasi pasar Anda sudah sesuai terget atau belum.

Baca juga : Digital Marketing

3. Mendapat review atau testimoni dari pelanggan

Dalam AISAS model, S terakhir menunjukkan sharing atau lebih mudah dikenal dengan testimoni. Testimoni yang positif akan menjadikan citra bisnis Anda lebih bagus dimata pelanggan.

Bagi Anda yang mempunyai google bisnisku, Anda bisa mendapatkan testimoni yang bisa sangat bermanfaat untuk menambah kepercayaan pelanggan Anda. Selain itu, juga bisa sebagai evaluasi jika layanan Anda selama ini masih kurang maksimal di mata pelanggan.

4. Bisa di temukan di mesin pencari google dan maps

Kata kunci yang diketikkan user pada google pencarian atau google maps. Akan menampilkan hasil paling sesuai, baik itu website yang menggunakan iklan atau tanpa iklan.

Selain website, hasil pencarian google juga menunjukkan bisnis yang terkait dengan kata kunci yang dicari.

Dengan menggunakan google my business, bisnis Anda akan dengan mudah ditemukan pada hasil pencarian google atau hasil pencarian google maps.

5. Sebagai salah satu media promosi

Pada era digital sangat banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Google my business menjadi salah satunya, semakin jelas informasi bisnis yang tertera pada google bisnisku. Maka akan semakin mudah bisnis Anda ditemukan pada hasil pencarian google atau hasil pencarian google maps.

6. SEO lokal bagi website Anda

Google my business juga bisa menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan peringkat website Anda pada halaman google. Terutama untuk daerah sekitar anda.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *