Bauran Pemasaran dan Keterkaitan dari 4p

4p-marketing-mix

Dalam melakukan kegiatan pemasaran, sebuah perusahaan mengkombinasikan empat variabel yang saling keterkaitan untuk menentukan strategi pemasaran, kombinasi ini disebut dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Empat variabel dari bauran pemasaran terdiri dari Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat/Distribusi) dan Promotion (Promosi). 

Pengertian Bauran Pemasaran

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong, Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang dapat dikendalikan dari produk, harga, distribusi dan promosi yang dikombinasikan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan oleh pasar.

Baca juga : Apa itu Marketing?

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu dari 4p diatas :

1. Produk (product)

Menurut Sumarni dan Soeprihanto dalam bukunya Pengantar Bisnis (Dasar-dasar ekonomi perusahaan), produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan.

Dalam penerapannya, produk tidak hanya berupa barang, tetapi bisa juga menawarkan jasa atau kombinasi barang dan jasa. Setiap perusahaan mempunyai barang atau jasa yang akan mereka andalkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Ketika perusahaan sudah menentukan produk atau jasa yang akan mereka tawarkan ke pasar. Selanjutnya akan muncul lagi pertanyaan, bagaimana mengembangkan barang atau jasa tersebut? Maka nanti akan banyak ragam cara untuk mengembangkannya, dan tentunya setiap bisnis akan berbeda-beda.

Misal perusahaan kita menjual susu murni, salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan menambah varian rasa atau varian kemasan. Kualitas barang atau layanan juga akan menjadi sangat penting.

Dalam hal ini perubahan produk atau layanan yang secara tiba-tiba dapat berakibat fatal atau mengecewakan pelanggan, yang akan berakibat pada penurunan penjualan. Produk yang dibuat akan mempengaruhi harga, distribusai dan promosi.

2. Harga (price)

Secara singkat, harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar pembeli untuk mendapatkan sebuah produk atau layanan. Setiap produk yang telah dibuat akan berpengaruh dalam penentuan harga.

Dalam bauran pemasaran, harga selalu menjadi faktor penting pelanggan saat mereka membutuhkan atau menginginkan sebuah produk atau jasa.

Tinggi dan rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama para pelanggan. Dari kebiasaan tersebut, penetapan harga akan sangat berdampak pada penjualan maupun pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

3. Tempat/distribusi (place)

Dalam bauran pemasaran, tempat disebut dengan jalur distribusi atau saluran dimana produk atau jasa bisa sampai kepada konsumen/pemakai.

Ada baiknya dalam menentukan lokasi usaha, perusahaan harus mempertimbangkan dulu terkait lokasinya. Karena akan berdampak pada penjualan juga dan akan berdampak pada promosi yang akan dilakukan.

Namun, Di era digital sekarang, penentuan lokasi usaha yang strategis tidak lagi menjadi faktor utama dalam menentukan tempat usaha. Meskipun tempat tidak strategis, pelanggan masih bisa datang melalui pencarian di internet.

Jadi tinggal bagaimana promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Yang terpenting dari place adalah jalur distribusi nya masih mudah diakses agar produk kita bisa lebih mudah dijangkau pelanggan.

4. Promosi (Promotion)

Kegiatan promosi menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran yang sangat menentukan kesuksesan kegiatan pemasaran, baik itu perusahaan baru atau perusahaan yang sudah berdiri kokok.

Sebagai contoh Google yang merupakan perusahaan yang sudah mempunyai brand sangat terkenal dan membekas dihati setiap pengguna internet. Mereka tetap gencar melakukan kegiatan promosi melalui iklan-iklan yang bermunculan di youtube yang bisa kita lihat setiap harinya.

Baca juga : Tingkatan Produk dalam Manajemen Pemasaran

Promosi disini dapat diartikan menjadi kegiatan pendukung strategi pemasaran yang seharusnya wajib dilakukan perusahaan untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Kegiatan promosi disini akan berdampak ke peningkatan permintaan atau penjualan barang atau jasa yang ditawarkan.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau Kontak. Terima kasih.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010.

Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *