Cara Membuat Website Gratis Tanpa Coding

cara-membuat-website-gratis

Anda sedang mencari cara membuat website gratis tanpa harus coding? Anda berada pada panduan yang tepat tentang bagaimana membuat website tanpa harus coding, alias tanpa perlu mengerti coding sedikitpun.

Saat ini, website dipercaya bisa menjadi salah satu media promosi yang sangat bagus. Baik bagi bisnis, instansi bahkan personal dapat mempunyai website untuk meningkatkan personal brandingnya.

Kalau Anda memang sedang ingin meningkatkan reputasi pada dunia online, ada baiknya Anda tidak mengabaikan untuk mempunyai website. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin menghasilkan uang secara online. Website bisa menjadi salah satu pilihan seperti menjadi blogger, mengikuti program afiliasi dan lain sebagainya.

Mengingat bahwa di zaman serba digital sekarang, calon konsumen lebih memilih untuk mencari kebutuhannya melalui internet. Dan tidak jarang calon konsumen lebih memilih belanja online ketimbang harus keluar rumah.

Calon konsumen saat ini sudah semakin pintar, >50% calon konsumen kurang mempercayai bisnis yang hanya bermodalkan akun sosial media, mereka lebih percaya jika bisnis mempunyai website. Hal ini membuktikan bahwa website menjadi sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Dengan harapan, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen yang sedang mencari produk/jasa Anda di internet.

Nah, pada artikel ini saya berniat untuk membantu Anda yang sedang mencari cara membuat website gratis, ditambah lagi Anda tidak perlu repot-repot harus mengerti coding. Mari simak pembahasannya:

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Coding

Pada panduan ini Anda tidak dituntut untuk mengerti banyak hal seputar website. Anda hanya perlu membaca panduan ini sampai selesai, saya yakin Anda sudah bisa langsung mempraktekkannya. Mari persiapkan laptop Anda:

Tentukan Tujuan/Niat Membuat Website

Mungkin bagi Anda yang muslim terbiasa mendengar hadist ini “Innamal A’malu Binniyat”. Dimana artinya adalah amal itu tergantung niatnya.

Jadi yang dapat kita petik dari hadits tersebut adalah tentukan dulu Anda ingin membuat website untuk apa? Saya yakin Anda pasti sudah mempunyai jawabannya, baik itu untuk bisnis, instansi, personal branding atau apapun itu, silahkan Anda tentukan.

Fungsinya menentukan tujuan membuat website ini adalah ketika website sudah online nanti, jika Anda belum tau tujuannya, maka akan menambah kebingungan. Karena tujuan ini akan berdampak pada proses membuat website dan proses desain agar bisa disesuaikan dengan tujuan Anda.

Misalnya tujuan Anda adalah untuk membuat toko online, maka akan diperlukan website yang mempunyai fungsi keranjang, bisa bertransaksi langsung, bisa cek ongkir misalnya, dan lain sebagainya. Selain itu, ini juga akan berpengaruh kepada paket hosting yang mana yang akan Anda gunakan nantinya.

Tentukan Ingin Menggunakan Platform Apa?

Ada banyak sekali platform pembuatan website yang bersifat gratis, salah satunya adalah blogspot dan wordpress.com. Mungkin itu yang paling familiar dikalangan awam. Baik blogspot atau wordpress.com sama-sama bersifat gratis.

Namun, jika Anda menggunakan salah satu dari 2 platform diatas, maka alamat website Anda akan mempunyai ekstensi websiteanda.blogspot.com atau websiteanda.wordpress.com. Dengan adanya ekstensi tersebut, Anda akan merasa bahwa website Anda tidak professional.

Apakah itu bisa dihapus bro? jawabannya bisa bro, tapi Anda perlu membeli domain terlebih dahulu. Bagi yang belum tau apa itu domain? Domain adalah alamat website Anda, layaknya seperti rumah mempunyai alamat untuk dikunjungi, domain juga akan menjadi alamat Anda di internet.

Apakah bisa menghapus ekstensi tersebut, tanpa memiliki domain? Jawabannya gak bisa bro, karena kalian harus ingat lagi, yang gratis tentu mempunyai kelemahan juga.

Oh ya dalam tahapan ini saya lebih menyarankan Anda menggunakan wordpress. Kenapa? karena hampir semua website menggunakan wordpress, banyak support yang disediakan komunitas, gratis, banyak tema dan plugin yang tersedia, dan lain sebagainya untuk meningkatkan performa website Anda kedepannya.

Tentukan Domain dan Hosting Anda

Mungkin sampai tahap ini Anda akan kesal karena artikel ini berjudul “Cara Membuat Website Gratis”. Saya sarankan Anda jangan kesal dulu bro, karena saya akan benar-benar menjelaskan cara membuat website gratis, tapi tidak untuk domain dan hostingnya ya.

Kenapa harus mempunyai domain dan hosting? Karena domain berfungsi sebagai alamat Anda di internet dan hosting akan berfungsi sebagai media penyimpanan Anda di internet.

Ada berbagai macam ekstensi domain yang dapat Anda beli, pada umumnya orang menggunkan .com. Namun Anda bisa sesuka hati memilihnya, seperti saya lebih memilih menggunakan ekstensi.web.id.

Untuk hosting juga tersedia beragam tergantung kebutuhan Anda, saya sarankan Anda membelinya sesuai dengan kebutuhan saja. Misal Anda hanya ingin membuat website company profile, maka beli saja hosting yang mempunyai size 2GB sudah cukup.

Untuk mengetahui harga domain dan hosting, Anda bisa mencari pada berbagai penyedia domain dan hosting, salah satunya di niagahoster. Saya menyarankan ini karena disana pelayanannya sangatlah bagus dan cepat. Untuk bagaimana cara membeli dan lainnya Anda bisa langsung hubungi CS nya agar dibantu.

Download WordPress – Mulai Membuat Website Gratis

Tenang, setelah membeli domain dan hosting, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Sehingga seperti yang saya katakan pada judul cara membuat website gratis ini benar-benar akan Anda dapatkan.

Jika sudah mempunyai domain dan hosting, Anda bisa melanjutkan tahap selanjutnya, yaitu install wordpress. Jika Anda membeli di niagahoster, maka sudah disediakan panduan dan cara cepat instal wordpress.

Namun, jika membelinya ditempat lain, silahkan download terlebih wordpress di wordpress.org.

cara-membuat-website-gratis
Download wordpress

Setelah selesai download upload file wordpress ke hosting Anda melalui cpanel. Lalu buat database melalui cpanel hosting Anda (Panduan berbeda-beda tergantung penyedia hosting, silahkan bisa hubungi CS penyedia hosting).

Install WordPress – Mulai Membuat Website Gratis

Setelah keduanya siap, silahkan akses nama domain yang telah Anda beli. Nanti Anda akan diarahkan untuk ke proses instalasi wordpress. Selengkapnya silahkan ikuti Cara instal WordPress ini. Jika sudah selesai, maka website Anda sudah mengudara di internet.

Maksimalkan Website Anda

Setelah website Anda mengudara, jangan lupa untuk setting website Anda agar lebih maksimal, yang perlu Anda setting adalah seperti mengganti tema agar sesuai dengan tujuan Anda membuat website, menambah plugin yang sesuai dengan kebutuhan, setting permalinks dan lain sebagainya. Tips yang satu ini untuk optimasi wordpress Anda akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Untuk mempraktekkan cara membuat website gratis ini ada baiknya Anda sudah mempunyai domain dan hosting, agar apa yang Anda setting bisa langsung berubah. Namun jika Anda hanya ingin coba-coba saja dulu, Anda bisa menggunakan versi offline dengan menginstalnya melalui laptop Anda menggunakan XAMPP, panduannya sudah beredar banyak di internet, silahkan Anda cari sendiri.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website Custom Murah di Jakarta

Selamat mencoba!! Jika terdapat kebingungan silahkan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-custom

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *