Cara Install WordPress Offline di Laptop atau Komputer

cara-install-wordpress

Mungkin Anda sudah tahu bahwa wordpress menjadi CMS terpopuler saat ini sebagai basic dari sebuah website. Install wordpress offline pun terbilang sangatlah mudah dan tidak jauh berbeda dengan kondisi online. Hanya saja berbeda pada penyimpanannya yang offline. Sehingga, hari ini kita akan membahas bagaimana cara install wordpress offline.

Penjelasan Singkat Mengenai WordPress

Sebelum masuk ke pembahasan inti. Saya akan menguraikan terlebih dahulu tentang apa itu wordpress? apa kelebihannya? kenapa menggunakan wordpress, dsb.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Wikipedia

WordPress pertama kali dirilis pada 27 Mei 2003 dan terus dikembangkan sampai sekarang oleh wordpress foundation. Saat artikel ini ditulis, wordpress memiliki versi terbaru yaitu 5.2.4 yang dirilis pada 14 Oktober 2019 lalu.

Apa Kelebihan WordPress?

Ada banyak sekali kelebihan wordpress, sehingga wordpress berhasil menjadi platform yang paling banyak digunakan diseluruh dunia sebagai blog. Simak beberapa kelebihannya di bawah ini agar Anda mengetahui kenapa memilih wordpress?

  • Gratis, ya ini bisa menjadi lanjutan artikel cara membuat website gratis tanpa perlu coding sebelumnya.
  • Ribuan tema gratis dan berbayar. Sehingga, tinggal pilih mau menggunakan yang mana untuk bisnis Anda.
  • Terdapat banyak sekali plugin pendukung untuk optimasi website.
  • Instalasi dan pembaharuan yang sangat mudah dilakukan.
  • Multifungsi dan Fleksibel.
  • Aman.
  • Mudah dipelajari karena komunitasnya sangat besar. Sehingga, jika terdapat masalah, Anda akan mendapat banyak support dari komunitas.
  • Mudah dioptimalkan untuk SEO. Ini merupakan salah satu poin terbaik yang paling saya sukai
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan, seperti instagram, API cek ongkir, dsb.

Persiapan Cara Install WordPress Offline

Apakah Anda sudah menemukan alasan kenapa menggunakan wordpress? Jika iya mari kita lanjut, jika belum Anda bisa cantumkan pertanyaan dikolom komentar di bagian bawah. Mari kita mulai masuk ke persiapan terlebih dahulu.

Kenapa harus install wordpress offline?

Mungkin ini akan menjadi pertanyaan awal kenapa harus offline, kenapa tidak online? Jika Anda bertanya demikian, maka saya akan bertanya ulang. Apa Anda sudah mempunyai hosting dan domain? Jika iya ada baiknya Anda langsung install online.

Jika belum Anda bisa mencoba offline terlebih dahulu. Dengan harapan Anda bisa belajar menjalankannya dahulu tanpa harus khawatir perubahan yang sedang Anda lakukan bakal dilihat oleh orang lain. Karena, banyak orang juga masih takut salah jika dilakukan online. Sehingga, tidak salahnya Anda mencoba menginstall wordpress offline terlebih dahulu.

Namun, pada dasarnya baik cara install wordpress offline ataupun online itu sama saja, tidak berbeda. Hanya saja berbeda penempatannya dan beberapa kebutuhan-kebutuhan dasarnya.

Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk menginstall wordpress offline, Anda memerlukan beberapa hal seperti dibawah ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir, semua yang kita gunakan bersifat gratis (terlepas dari laptop/komputer). Mari simak:

  • Laptop atau komputer dengan RAM 2GB sudah aman.
  • Sistem operasi linux, windows ataupun macOS (saya akan mempraktekkannya pada macOS).
  • Aplikasi XAMPP, download disini. Sesuaikan dengan OS Anda.
  • Google chrome sebagai browser (bisa yang lainnya).
  • Sublime text untuk text editornya.
  • WordPress, download disini.

Cara Install WordPress Offline

Setelah mengetahui tentang wordpress dan persiapan apa saja yang dibutuhkan, mari kita masuk ke cara install wordpress offline.

1. Buat database

Hal pertama yang perlu Anda buat adalah database. Database ini nantinya akan berfungsi untuk menyimpan data dari wordpress yang akan kita buat.

Jalankan XAMPP yang sudah terinstall, buka browser dan ketikkan http://localhost/phpmyadmin, lalu klik Baru, masukkan nama database, Lalu klik buat. Lihat gambar berikut:

buat-database
buat database

2. Unduh wordpress dan kelola

Setelah membuat database, sekarang saatnya Anda unduh wordpress di situs resminya (sudah saya cantumkan diatas, dan saya anggap sudah Anda download). Jika sudah, mari kita kelola:

Pertama, extract file wordpress yang sudah didownload sebelumnya. Masukkan ke dalam folder htdocs xampp Anda, dan beri nama folder sesuai nama proyek yang Anda buat.

htdocs-xampp
htdocs xampp

Kemudian sambungkan dengan database yang sudah dibuat. Caranya, buka file wp-config-sample.php yang ditunjuk pada gambar diatas menggunakan Sublime Text. Dan rubah data dibawah ini:

  • DB_NAME, sesuaikan dengan nama dari database Anda, pada contoh ini wp-test
  • DB_USER, masukkan root (jika online, sesuaikan dengan username databasenya)
  • DB_PASSWORD, password silahkan kosongkan, kecuali jika Anda menggunakan password pada mySQL Anda, defaultnya tidak menggunakan password (jika online, sesuaikan dengan password databasenya)
  • Silahkan simpan.
konfigurasi-database
konfigurasi database

3. Lakukan instalasi wordpress offline

Jika Anda sudah berada di tahap ini, berarti Anda telah siap untuk melakukan instalasi wordpress offline. Silahkan buka google chrome dan ketikkan URL http://localhost/wp-test (wp-test merupakan nama folder proyek, silahkan sesuaikan dengan nama proyek Anda). Maka, Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini:

tampilan awal cara install wordpress offline
tampilan awal

Setelah melihat tampilan diatas, silahkan klik lets go. Lalu, sambungkan database dengan wordpress dengan masukkan informasi database sebelumnya ke dalam form seperti digambar:

sambungkan database-dan-wordpress-cara-install-wordpress
sambungkan database dan wordpress

Setelah itu klik submit, lalu akan muncul halaman berikutnya yang berisi informasi seputar website. Seperti, site title (judul website), username (untuk login), password (untuk login), email dan Search Engine Visibility silahkan dilewati saja.

Penting!!! Search Engine Visibility jangan dicentang jika instalasi online, karena ini berfungsi apakah website Anda ingin dimunculkan pada halaman pencarian google atau tidak. Jika instalasi offline maka diabaikan saja.

informasi-website-cara-install-wordpress
informasi website

Masukkan semua informasi diatas, tinggal Anda klik Install WordPress. Maka selesai proses intalasi wordpress offline nya.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis Tanpa Coding

Fungsi Dashboard WordPress

Worpress mempunyai halaman dashboard untuk mengelola seluruh isi website. Silahkan simak gambar di bawah ini:

dashboard-admin-cara-instalasi-wordpress
dashboard admin

Ada banyak sekali menu yang tedapat pada halaman dashboard admin. Secara ringkasnya akan saya bahas disini.

  1. Judul website, dengan klik judul website, maka Anda akan diarahkan ke halaman utama website.
  2. Post, memiliki fungsi untuk membuat artikel atau postingan, kategori post, tag post dan mengelola post.
  3. Media, berfungis untuk mengelola seluruh media seperti gambar, video dan konten lainnya yang ada pada website Anda.
  4. Pages, berfungsi untuk mengelola halaman, seperti membuat, mengedit dan menghapus halaman
  5. Comments, berfungsi untuk mengola komentar yang ada pada website
  6. Appearance, berfungsi untuk mengelola tampilan website, seperti mengganti tema
  7. Plugins, berfungsi untuk mengelola plugin
  8. Users, berfungsi untuk mengelola user, menambah, mengedit dan menghapus
  9. Tools, mengelola tools pada website
  10. Settings, berfungsi untuk mengelola seluruh peraturan yang ada pada wordpress.

Kesimpulan

Pada dasarnya, baik Anda ingin meninstall wordpress offline ataupun online, caranya hampir mirip. Namun, hanya berbeda pada penyimpanannya saja. Cara install wordpress ini terbilang sangat mudah dilakukan dan gratis tanpa dipunggut biaya serupiahpun.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara install wordpress ini. Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan sampaikan dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih!

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-custom

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *