Apa Itu Analisis SWOT

analisis-swot

Analisis SWOT merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi suatu organisasi mulai dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), serta Threats (ancaman) dan untuk mengembangkan perencanaan strategis.

Proses ini akan mempengaruhi faktor internal, faktor eksternal, potensi bisnis saat ini dan potensi di masa depan.

Memahami SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah teknik untuk menilai kinerja, persaingan, risiko, potensi bisnis, serta bagian dari bisnis seperti lini produk, divisi, industri atau entitas yang lainnya.

Kekuatan

Kekuatan merupakan keunggulan dari suatu organisasi atau nilai tambah dari organisasi tersebut jika dibandingkan dengan organisasi lainnya.

Misalnya, brand yang kuat, teknologi yang unggul, kepercayaan pelanggan yang bagus, dan sebagainya.

Kelemahan

Kelemahan merupakan sebuah kekurangan organisasi yang di anggap perlu di tingkatkan dan diperbaiki, agar bisa mencapai tahap yang lebih baik.

Misalnya, brand yang lemah, ketinggalan teknologi, kepercayaan pelanggan yang kurang, dan sebagainya.

Peluang

Peluang merupakan sebuah keuntungan yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi suatu organisasi, atau juga yang menjadi pembeda dengan organisasi lainnya. Peluang akan mengacu pada faktor eksternal organisasi.

Misalnya, teknologi yang lebih unggul, membuat organisasi tersebut lebih mudah menjangkau pelanggan. Modal yang sedikit, tetapi kami mempunyai tim yang lebih unggul pada semua bidang. Dan lain sebagainya.

Ancaman

Ancaman merupakan faktor-faktor yang dapat membahayakan organisasi. Misalnya, perkembangan teknologi yang sangat cepat, tetapi tidak berimbang dengan kemampuan organisasi, menyebabkan organisasi terlambat dalam mengadopsinya.

Baca juga : Tentang Business Model Canvas (BMC)

Manfaat Analisis SWOT

Ada banyak sekali manfaat dari proses ini. Serta, sangat tepat digunakan untuk melihat organisasi dari sudut pandang yang berbeda. Berikut pengaplikasiannya :

Kekuatan. Bagaimana kekuatan mampu menghadapi ancaman?

Kelemahan. Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mencegah peluang berkembangnya organisasi?

Peluang. Bagaimana kekuatan mampu menghadirkan keuntungan dari sebuah peluang yang ada?

Ancaman. Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mampu membuat ancaman baru?

analisis-swot
analisis-swot

Baca juga : Bauran Pemasaran dan Keterkaitan dari 4p

Faktor yang Mempengaruhi

Ada 2 faktor utama yang dapat mempengaruhi keempat proses SWOT, yaitu :

Faktor Internal (kekuatan dan kelemahan)

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam organisasi. Faktor ini berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan organisasi.

Organisasi akan berjalan lebih baik ketika kekuatan lebih besar daripada kelemahan. Dengan kekuatan yang lebih unggul, akan membuat organisasi berjalan lebih baik dan lebih mudah berkembang.

Misalnya, sumber daya yang dimiliki, modal, cashflow, portofolio, pengalaman organisasi dalam melewati berbagai macam masalah, dan lain sebagainya.

Faktor Eksternal (peluang dan ancaman)

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar organisasi. Faktor ini berkaitan dengan peluang dan ancaman.

Adanya peluang dan ancaman akan memberikan masukan ke dalam perusahaan agar jadi bahan evaluasi dan menjadi rujukan dalam penentuan strategi kedepannya.

Misalnya, budaya, sosial, politik, perekonomian, peraturan pemerintah dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan faktor internal dan eksternal, proses ini dapat memandu organisasi ke arah yang lebih baik lagi dan melampaui capaian sebelumnya dengan menutupi kekurangan yang ada, memaksimalkan kekuatan, memanfaatkan peluang serta mengatasi ancaman yang ada.

Baca juga : AISAS Model Sebagai Konsep Marketing Zaman Digital

Demikian sedikit tulisan singkat saya hari ini. Semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman pembaca dan bisa menjadi acuan bagi saya jika mulai lupa dengan materi ini. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau pada halaman Kontak. Terima kasih.

Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *