Saya Punya 2 Google Business Profile, Tapi Kok Hilang 1?

google business profile hilang

Beberapa waktu lalu teman baik saya datang dan bertanya, ril saya punya 2 lokasi google business profile (GBP), tapi kok hilang 1 ya? Ternyata hal ini juga di alami oleh beberapa pengunjung blog ini.

Namun, sebelumnya saya memohon maaf, saya tidak bermaksud menggurui atau hal lainnya, cuma berbagi pengalaman saja :).

Sebelum berdiskusi lebih jauh, saya ingin mencoba menjabarkan terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Mari kita bahas bersama

Penyebab Google Business Profile Hilang

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan google business profile Anda hilang, berikut:

  1. Tidak memenuhi syarat dan kebijakan google
  2. Lokasi Anda duplikat dengan yang sudah ada
  3. Punya >1 lokasi dengan brand yang sama atau lokasi berdekatan
  4. Terdapat tindakan mencurigakan
  5. Ada laporan yang menyatakan lokasi Anda bermasalah
  6. Review tidak real human

Baca juga : Seberapa Pentingkah Review Google Bisnisku?

Rata-rata itulah beberapa permasalahan yang saya hadapi dan informasi serupa dari teman-teman yang mengalami hal tersebut. Dari beberapa hal tersebut, apakah ada yang berkaitan dengan masalah Anda? Jika tidak ada silahkan cantumkan di kolom komentar untuk kita diskusikan 🙂

Jawaban Dari Pertanyaan Awal

Setalah menganalisa permasalahan-permasalahan yang menyebabkan google business profile hilang, mari kita lanjutkan untuk menjawab pertanyaan di awal.

Latar Belakang Masalah

Begini ril, sebelumnya aku punya 2 bisnis yang berbeda dengan brand yang berbeda pula. Namun masih sama-sama di bidang konveksi kedua brand tersebut.

Maps ku yang 1 tiba-tiba hilang, dan namanya berubah menjadi gabungan dari kedua lokasi yang sebelumnya 1 akun ada 2 lokasi. Iya persis, google business profile nya otomatis digabungkan oleh google tanpa ada pemberitahuan.

Selain nama, hal lain yang membingungkan, semua review yang ada di lokasi satunya, juga ikut berpindah ke lokasi yang masih muncul (syukurnya review tidak hilang semua, meskipun disatukan google).

Setelah itu saya bertanya, emang brand nya apa bro? ***** dan ***** tshirt (maaf brand masih di sensor karena belum izin :)).

Apa brand mu di lokasi yang sama? Iya masih 1 toko, tapi untuk titik lokasinya di bedakan sedikit seperti saran awalmu dulu buat percobaan setelah pindah toko.

Jadi, dalam kasus ini, intinya brand teman saya ini mempunyai brand yang berbeda, tapi kata depan untuk brand pertama masih menggunakan brand pertama. Dan lokasinya masih berdekatan dalam radius <50m.

Jawaban dari pertanyaan

Setelah coba saya tanyakan kepada dia terkait beberapa hal-hal yang menyebabkan google business profile hilang yang kita uraikan sebelumnya. Dia menjawab tidak ada (karena sebelumnya dia sudah lama tidak membuka dashboard GBP), kecuali poin 3, karena hanya hal tersebut yang paling mendekati.

Setelah itu, saya coba akses dashboard GBP dia, dan beginilah tampak dari dashboard dia, silahkan cek gambar berikut:

Sumber : GBP

Setelah melihat hal ini, sudah jelas jawabannya, penyebabnya ada di poin 3, yaitu punya >1 brand dengan lokasi yang sama atau berdekatan.

Jika hal ini terjadi pada Anda, saran yang bisa saya berikan bersyukur, karena lokasi GBP Anda tidak sepenuhnya hilang. Melainkan disatukan google menjadi 1, kenapa saya bilang bersyukur, karena review dan reputasi listingan bisnis Anda sama sekali tidak berubah (jika Anda tidak puas dengan jawaban saya ini, silahkan tekan ikon whatsapp melalui halaman depan website ini untuk terhubung dengan saya).

Baca juga : Listingan Bisnis Yang Ditangguhkan Karena Kualitas

Pertanyaan terkait

Bagaimana kalau brand saya punya >1 tempat, tapi berbeda?

Kalau dari pengalaman, karena saya sendiri masih punya >1 lokasi yang berbeda untuk bisnis saya. Salah satunya, saya punya 1 lokasi yang menjadi kantor utama dari sevenpion dan yang satunya lagi adalah menjadi lokasi rumah produksi dari sevenpion sendiri.

Apakah ini aman?

Saya tidak dapat pastikan ini aman, karena yang bisa memastikan ini aman cuma google seorang (karena pemilik aksesnya adalah google sendiri. Tapi sudah bertahun-tahun bisnis saya berjalan, lokasi ini masih listing dan aman-aman saja karena saya tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang melanggar kebijakan google.

Namun, sebelumnya memang pernah terjadi suspend, dikarenakan saya membuat GBP dengan brand yang sama di lokasi berdekatan. Setelah aju banding, akhirnya semuanya kembali lagi.

Kesimpulan

Dari pertanyaan teman saya seperti dijudul artikel ini, jawabannya adalah terjadi duplikat GBP dengan lokasi yang berdekatan. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebelum menganalisa lebih dalam silahkan coba pastikan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar tidak melakukan pelanggaran kebijakan google.

Jika Anda tidak menemukan jawaban dari artikel ini, Anda dapat menghubungi bantuan google, atau mari kita diskusikan di kolom komentar dibawah ini :). Terima kasih.

promo-psbb-jasa-review-google-bisnisku

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Subscribe Sekarang

Dapatkan update terbaru seputar marketing dan digital marketing langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama!

Loading

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *