Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Perorangan

Pentingnya_Perencanaan_Keuangan_bagi_setiap_kalanganpng

Pernahkah Anda merasa, gajihan setiap bulannya pada tanggal 26 atau Anda seorang yang masih bergantung pada orang tua yang mendapatkan kiriman setiap bulannya. Lalu pada bulan berikutnya belum sampai tanggal 26 anda sudah mengalami kebingungan dengan keadaan keuangan anda karena uang anda sudah habis untuk membiayai hidup atau gaya hidup anda.

Itulah salah satu hal yang saya rasakan sejak menjadi mahasiswa di tahun 2015. Saya mempunyai laporan keuangan pribadi, yang setiap bulan besarnya pengeluaran berbeda-beda dan kadang sudah melebihi UMR nya kota Yogyakarta (tempat saya tinggal waktu jadi mahasiswa). Seringkali saya bertanya ke teman-teman, berapa pengeluaran bulananmu? apakah mengalami hal yang sama dengan saya? dan lain-lain. 

Sebagian teman-teman saya mampu bertahan dengan uang jajan 1 juta untuk 1 bulan, tetapi lebih banyak lagi yang mengalami hal yang sama dengan saya, bahkan teman saya yang sudah bekerja banyak mengalami hal yang demikian.

Pada akhirnya, di akhir tahun 2017, saya baru menyadari ada yang tidak sehat dengan keuangan saya, saya mempunyai kebutuhan yang sama setiap bulannya, namun biaya bulanan saya seringkali naik setiap bulannya, saya berpikir pasti orang tua menyadari akan hal ini, tetapi mungkin tidak berkomentar karena anaknya jauh di perantauan.

Awal tahun 2018 menjadi kebangkitan keuangan bagi saya, karena menemukan sebuah buku tentang perencanaan keuangan yang berjudul “Make it Happen” oleh Prita Ghozie. Diwaktu yang bersamaan, saya sudah mulai menghasilkan uang dari usaha kecil-kecilan saya, meskipun kadang masih harus minta tambahan uang ke orang tua.

Mungkin perencanaan keuangan menjadi hal yang masih terbilang jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Mengingat masih minimnya pengetahuan tentang perencanaan keuangan, bahkan sejak kita berada di bangku SD sampai lulus sarjana, kita tidak pernah mendapatkan pelajaran tentang keuangan.

Hanya sebagian kecil saja yang memiliki pengetahuan yang baik soal keuangan ini. Sebagian besar kita seringkali mengabaikan masalah perencanaan keuangan dalam hidup ini. Bahkan masih banyak yang mengalami hal diatas, termasuk saya sendiri waktu itu. Uang cuma singgah dan kemudian numpang lewat di rekening kita. Pertanyaan saya saat itu, kapan ini akan berhenti? dan bagaimana caranya saya bisa melewati masa-masa ini?

Baca juga : Strategi Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Hal yang seharusnya terjadi adalah ketika kita menghasilkan/mendapatkan sejumlah uang kita harus tau dan paham kemana saja setiap rupiah uang kita mengalir. Apakah akan lewat saja memenuhi gaya hidup Anda? atau bisa menghasilkan uang lagi melalui berinvestasi?

Apapun dan kemanapun uang kita mengalir, seharusnya telah disesuaikan dan diperhitungkan dalam sebuah perencanaan keuangan, sehingga tujuan keuangan yang kita harapkan bisa tercapai di waktu yang telah kita rencanakan. Alih-alih tidak tercapai, setidaknya kita telah mencoba untuk mengendalikan keuangan yang kita miliki.

Sebelum lebih dalam, Perencanaan Keuangan merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan-tujuan hidup atau mimpi-mimpi kita atau keluarga melalui Manajemen Keuangan yang terencana dengan benar.

Perencanaan keuangan tidak bisa dipisahkan dengan tujuan keuangan. Apa yang menjadi tujuan keuangan adalah apa yang akan menjadi arah perencanaan keuangan. Jangan sampai kita tidak memiliki tujuan keuangan, karena itu akan memperpanjang masalah yang telah diuraikan diatas. 

Mempunyai tujuan keuangan akan membuat kita lebih peduli dengan keluar dan masuknya uang. Selain itu akan menjadi motivasi tersendiri untuk menciptakan keuangan yang sehat, jauh dari hutang dan bisa mencapai kebebasan financial dimasa yang akan datang.

Jika rencana keuangan yang dibuat bisa berjalan dengan lancar, maka tujuan keuangan juga akan tercapai sebagaimana yang telah direncanakan. 

Terkait dengan perencanaan keuangan, kita bisa meminta bantuan dari ahli perencana keuangan atau seorang Financial Planner, selain itu kita bisa belajar melalui buku yang saya sampaikan diatas, selain itu dengan banyaknya media digital sekarang tentu akan memudahkan kita dalam mempelajarinya.

Jika kita sudah mempunyai rencana keuangan, jangan lupa untuk disiplin dan selalu mengontrol pemasukan dan pengeluaran kita, serta lakukan evaluasi tentang rencana yang telah kita tetapkan secara berkala.

Baca juga : Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Perorangan

Dari catatan saya diatas kurang lebih sudah satu tahun saya mempunyai rencana keuangan, dan tentu tidak semua tujuan bisa saya capai dengan catatan-catatan tertentu ketika evaluasi keuangan, tetapi hal ini menjadikan saya lebih bertanggung jawab dengan keluar masuknya uang direkening saya. Syukurnya lagi saya tidak perlu lagi khawatir dengan derita akhir bulan yang sering saya alami sebelumnya. 

Bahkan jika kita bisa mengelolanya, kita bisa menghasilkan pasfi income, salah satunya dengan berinvestasi. Kita akan bisa menghasilkan uang yang lebih besar dari nilai yang sebelumnya kita investasikan. Istilahnya, tidurpun uang akan tetap mengalir ke rekening anda.

Dan dua hal yang menjadi sorotan di catatan saya selama ini yaitu “Apa bedanya kebutuhan dan keinginan?”. Kebutuhan setiap bulan itu hampir sama, bahkan sama setiap bulannya, yang membedakan itu hanya keinginan yang dituntut oleh gaya hidup. 

Sah-sah saja kita punya gaya hidup tinggi, tidak pernah ada yang menyalahkan, yang salah itu ketika kita memaksakan gaya hidup saat kemampuan keuangan kita belum siap. 

Jangan lupakan satu hal, banyak orang kaya yang tampil biasa-biasa saja, karena mereka tahu bedanya kebutuhan dan keinginan.

Terima kasih sudah membaca catatan saya ini, tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian pembaca dan pengingat bagi saya.

Selanjutnya saya akan membuat catatan :

  • Pengalaman saya dalam mengelola keuangan
  • Mengelola keuangan bagi seorang pengusaha
  • Mengelola keuangan bagi seorang freelancer
  • Mengelola keuangan bagi seorang karyawan
  • Atau teman-teman bisa request topik seputar pengalaman saya mengelola keuangan melalui Kontak saya atau silahkan berkomentar
Jika Anda suka jangan lupa untuk bagikan :

You May Also Like

About the Author: khairil

Saya seorang yang sedang belajar digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *